Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Ide Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda Tambah Penghasilan

Bisa tambah penghasilan, berikut ide bisnis yang cocok dijalani oleh anak muda.
Online shopping/Merchants.polipay.co.nz
Online shopping/Merchants.polipay.co.nz

Bisnis.com, JAKARTA - Minat anak muda untuk menjadi seorang pebisnis pun kini semakin tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya banyak bisnis usaha baru yang bergerak di berbagai bidang.

Bahkan, memulai bisnis saat masih muda bukanlah hal yang mustahil. Berbekal perencanaan dan eksekusi yang tepat, sebuah bisnis yang awalnya dimulai kecil-kecilan jika terus ditekunkan dapat berkembang menjadi sangat besar hingga menghasilkan banyak keuntungan dan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Tentunya, selain mempertimbangkan jenis bisnis apa yang akan dimulai dan berapa banyak uang yang Anda perlukan, penting juga untuk menambah nilai dengan produk atau layanan, strategi, dan rencana agar bisnis tersebut terus bertahan. 

Lantas, apa saja ide bisnis yang cocok dijalankan oleh anak muda? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Jualan online

E-commerce adalah industri yang terus berkembang. Anda dapat menjual produk Anda sendiri, menjual produk lain secara eceran dengan menjadi dropshipper atau reseller bahkan menawarkan jasa admin sosial media untuk membangun akun toko online. 

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa pembuat konten berupa tulisan untuk blog atau website, maupun video untuk YouTube, TikTok, dan Instagram.

Tentunya, memulai bisnis di toko online alias e-commerce menjadi satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalankan.Terlebih buat  anak muda yang memiliki banyak stok ide segar, baru, serta kreatif. 

2. Thrift shop

Belakangan, bisnis thrifthing atau barang bekas kian diminati oleh sejumlah kaum muda, utamanya produk fashion atau pakaian bekas yang diperjualbelikan. Tentu, ini menjadi sebuah peluang usaha, sebab dengan modal kecil, Anda bisa mendapat keuntungan yang lumayan. Bisnis ini juga memiliki target pasar yang jelas, yaitu anak muda yang ingin memiliki barang branded namun terbatas soal dana.  

Namun, untuk dapat menarik minat banyak pembeli, Anda harus menemukan produk yang baik serta menawarkan harga yang tepat

3. Jasa titip

Bisnis jasa titip (jastip) tidak melulu tentang membeli barang-barang luar negeri yang tidak bisa didapatkan di Indonesia. Anda bisa menyasar teman-teman yang kesulitan mendapatkan barang-barang yang belum dijual di daerah mereka.

4. Ilustrator

Anda bisa berbisnis dengan menawarkan jasa untuk mengisi ilustrasi majalah, surat kabar, atau penerbit dengan membuat ilustrasi atau kartun. Selain itu, Anda dapat menggambar potret yang dipersonalisasi atau komik yang dipersonalisasi.

Saat ini, dan berkat internet, banyak pengusaha muda, yang merupakan ilustrator, mencari nafkah dengan menggunakan kemampuan artistik mereka.

5. Desainer grafis

Semua perusahaan membutuhkan pemasaran untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Anda dapat memulai biro desain yang membuat logo, desain web, video promosi, dan banyak lagi.

Anda tidak membutuhkan sumber daya yang mahal, Anda hanya membutuhkan pengetahuan dan komputer Anda sudah cukup. Dan jika Anda bukan ahli dalam bidang tertentu, Anda dapat mempekerjakan karyawan atau freelancer lain. 

6. Bisnis masakan

Jika Anda memiliki kemampuan memasak yang baik, Anda bisa berbisnis katering kecil-kecilan dengan menawarkan menu sarapan, makan siang atau bahkan membuat beberapa jenis camilan yang dipasarkan ke toko-toko atau bahkan dipasarkan secara online. 

 

7. Bisnis perawatan mobil

Banyak orang yang kekurangan waktu untuk merawat mobilnya, mulai dari check up, bensin, oli, bersih-bersih, bawa ke montir, dan lain-lain. Pemilik sangat bersedia menginvestasikan jumlah yang signifikan dalam pemeliharaan mobil mereka. Tetapi menemukan orang yang dapat dipercaya bisa sulit.

Anda dapat menawarkan semua layanan itu. Selain itu, ide bisnis Anda bahkan dapat berspesialisasi dalam jenis mobil tertentu (klasik, sport, dll.).

 

8. Bisnis pengembangan aplikasi

Bisnis ini adalah peluang yang punya pertumbuhan eksponensial dan permintaan tinggi. Dan itu sangat menguntungkan. Beberapa perusahaan mungkin tidak dapat mempekerjakan Anda secara permanen, tetapi hanya untuk proyek tertentu. 

Ini memungkinkan Anda bekerja untuk perusahaan yang berbeda sepanjang tahun, atau bergabung dengan tim pengembang dengan beban kerja yang berlebihan yang mungkin memerlukan layanan Anda.Menjadi developer software menawarkan peluang menarik yang akan membantu Anda berkembang secara profesional.

9. Jasa layanan antar jemput-kirim barang

Usaha jasa antar jemput  termasuk bisnis yang mudah dijalankan dan termasuk usaha yang abadi. Anda bisa menawarkan jasa melayani kiriman kilat seperti antar jemput dokumen, paket barang, maupun undangan.

Misalnya, jika di sekitar rumah Anda banyak membutuhkan isi ulang air minum galon dan gas, maka ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Ini adalah peluang bisnis anak muda yang dijamin tidak akan pernah usang.

10. Tutor

 

Ketika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya memanfaatkan kemampuan yang dimiliki dengan menjadi pengajar les atau kursus privat. Anda bisa fokus mengajar untuk bidang-bidang tertentu saja atau seluruh mata pelajaran selama Anda menguasainya. Bukan hanya itu saja, Anda pun bisa mulai mencobanya dari platform belajar online yang saat ini sudah banyak tersedia di Indonesia. 

11. Fotografer

Bidang fotografi sangat besar, pengusaha muda bisa memanfaatkan ini. Foto selalu diperlukan; setiap orang membutuhkan dan menginginkannya, misalnya gambar produk, fasilitas, peralatan. Anda juga bisa menawarkan kemampuan freelance Anda untuk acara keluarga, seperti pernikahan. Adapun ide bisnis untuk lainnya, yaitu fotografi hewan peliharaan.

12. Penulis

Saat ini, sebuah bisnis memerlukan konten tulisan untuk menjadi alat pemasaran mereka. Maka bisnis ini bisa menjadi kesempatan Anda menuangkan berbagai gagasan kreatif soal artikel yang ditulis. Anda bisa mendapatkan uang lebih dengan menulis artikel untuk blog orang lain atau milik perusahaan-perusahaan yang membutuhkan konten setiap harinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper