Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Pengusaha Wanita Terkaya di Dunia 2023, Ada Bos Loreal dan BMW

Dari Bos Lorel hingga BMW, berikut daftar pengusaha terkaya di dunia pada tahun 2023.
Francoise Bettencourt Meyers pemilik Loreal, salah satu perempuan terkaya di dunia/bloomberg
Francoise Bettencourt Meyers pemilik Loreal, salah satu perempuan terkaya di dunia/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Forbes kembali merilis daftar pengusaha wanita terkaya di dunia 2023. 

Tentu, tidak kalah dari para bos pria, 10 wanita ini memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam suatu keberhasilan bisnis hingga mampu mencetak kekayaan yang nilainya sangat fantastis. 

Berikut daftar perempuan terkaya di dunia, dilansir dari Real-Time Billionaires Forbes per 24 Februari 2023. Simak ulasannya

1. Françoise Bettencourt Meyers

Menurut Forbes, Françoise Bettencourt Meyers adalah pewaris miliarder Perancis dan wanita terkaya di dunia. Perempuan yang lahir pada 10 Juli 1953 ini merupakan putri tunggal dari Liliane Bettencourt, mendiang pengusaha Prancis dan pewaris L'Oréal, perusahaan kosmetik dan kecantikan terbesar di dunia. 

Setelah kematian ibunya pada tahun 2017, Bettencourt Meyers mewarisi 33 persen saham ibunya di L'Oréal, yang bernilai sekitar US$70 miliar. 

Pada 24 Februari 2023, Forbes mencantumkan Françoise Bettencourt Meyers sebagai wanita terkaya di dunia. Dia juga berada di nomor 10 dalam daftar orang terkaya di dunia dengan harta kekayaan senilai US$79,1 miliar atau setara dengan Rp1.208 triliun. 

2. Julia Koch

Julia Koch adalah seorang wanita pengusaha dan dermawan miliarder Amerika. Setelah kematian suaminya pada tahun 2019, Julia Koch mewarisi sebagian besar kekayaannya, menjadikannya salah satu wanita terkaya di dunia dengan harta kekayaan mencapai US$59 miliar atau setara dengan Rp901,2 triliun. 

Koch juga terlibat dalam beberapa upaya filantropi lainnya, termasuk mendukung pendidikan, seni dan budaya, serta penelitian medis.

3. Alice Walton

Alice Walton adalah ahli waris Amerika dan putri pendiri Walmart Sam Walton. Setelah lulus dari perguruan tinggi, Walton bekerja sebagai analis ekuitas dan pengelola uang selama beberapa tahun sebelum beralih ke seni mengoleksi.

Dia adalah seorang kolektor seni besar dan mendirikan Crystal Bridges Museum of American Art di Bentonville, Arkansas, yang dibuka pada 2011. Pada Februari 2023, angka kekayaannya mencapai US$58,9 miliar atau setara dengan Rp899,6 miliar. 

4. Jacqueline Mars

Jacqueline Mars adalah pewaris dan pengusaha wanita Amerika yang merupakan cucu dari Frank C. Mars, pendiri perusahaan permen Mars.

Jacqueline menjabat sebagai dewan direksi Mars, Inc. selama bertahun-tahun dan terlibat dalam berbagai aspek operasi perusahaan, termasuk pemasaran dan pengembangan produk. Tak heran, apabila kekayaannya mencapai US$38,3 miliar atau setara dengan Rp584,9 triliun

5. Miriam Adelson

Miriam Adelson adalah seorang dokter dan dermawan Amerika. Dia lahir pada 10 Oktober 1945, di Tel Aviv, Israel, dan dibesarkan di Haifa. Miriam Adelson menikah dengan Sheldon Adelson, seorang pengusaha miliarder, yang meninggal pada tahun 2021 dan mewarisi bisnis sang suami, di mana kini harta kekayaannya mencapai US$35 miliar atau setara dengan Rp534,5 triliun. 

6. Gina Rinehart

Gina Rinehart adalah seorang pengusaha miliarder yang memimpin perusahaan pertambangan milik swasta Hancock Prospecting. Selain kepentingan pertambangannya, Rinehart juga terlibat dalam pertanian dan media, memiliki saham besar di kedua sektor tersebut di Australia. 

Dia dianggap sebagai salah satu tokoh paling kuat dan berpengaruh dalam bisnis dan politik Australia. Adapun, harta kekayaannya mencapai US$29,4 miliar atau setara dengan Rp449,04 triliun.

7. Susanne Klatten

Susanne Klatten adalah pewaris dan pengusaha wanita miliarder Jerman. Klatten mewarisi saham di BMW, pembuat mobil Jerman dari mendiang Ayahnya. Maka, sejak itu mendiversifikasi investasinya di berbagai industri, termasuk obat-obatan, bahan kimia, dan energi terbarukan dengan harta kekayaan mencapai US$27 miliar atau setara dengan Rp412,3 triliun. 

8. Mackenzie Scott

Mackenzie Scott (sebelumnya Bezos) adalah seorang penulis Amerika, dermawan, dan mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos. Pada tahun 2020, dia menyumbangkan miliaran dolar ke berbagai organisasi amal, termasuk perguruan tinggi dan universitas kulit hitam historis, bank makanan, dan organisasi yang mendukung hak-hak perempuan. Adapun, harta kekayaannya mencapai US$25 miliar atau setara dengan Rp381,8 triliun. 

9. Iris Fontbona

Dia adalah pengusaha miliarder Chili dan janda Andrónico Luksic Abaroa. Fontbona mewarisi saham di Antofagasta plc, sebuah perusahaan tambang Chili, yang memiliki tambang tembaga di Chili dan berdagang di Bursa Efek London. 

Pada 24 Februari 2023, Forbes memperkirakan kekayaan bersih Iris Fontbona & keluarganya menjadi US$22,4 miliar atau setara dengan Rp342,1 triliun. 

10. Abigail Johnson

Abigail Johnson telah menjabat sebagai CEO Fidelity Investments sejak 2014, ketika dia menggantikan ayahnya, dan menjadi ketua sejak 2016. Kakeknya, Edward Johnson II, mendirikan raksasa reksa dana yang berbasis di Boston pada tahun 1946. Dia diperkirakan memiliki 24,5  persen saham perusahaan, yang memiliki aset terkelola US$3,7 triliun.

Johnson juga terlibat dalam berbagai organisasi filantropi dan sipil dengan harta kekayaan mencapai US$21,6 miliar atau setara dengan Rp329,9 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper