Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapa Presiden dengan Gaji Tertinggi di Dunia?

Segini besaran gaji presiden di seluruh dunia yang paling tertinggi, siapa yang paling kaya.
Raja Salman/Reuters
Raja Salman/Reuters

11. Presiden Singapura, Halimah Yacob– Rp24,5 Miliar 

Presiden Singapura, Halimah Yacob adalah presiden dengan bayaran tertinggi di dunia, dengan gaji tahunan sebesar US$1,6 juta atau setara dengan Rp24,5 miliar. 

Dia dilantik pada tahun 2017 dalam pemilihan yang tidak terbantahkan. Sebelum masa kepresidenannya, dia menjabat sebagai Ketua Parlemen antara 2013 dan 2017. Dia adalah presiden wanita pertama dalam sejarah Singapura.

12. Presiden Irak, Abdul Latif Rashid – Rp12,4 Miliar 

Presiden Irak, Abdul Latif Rashid menempati posisi kedua di antara presiden dengan bayaran tertinggi di dunia, dengan gaji tahunan sebesar US$809.673 atau setara dengan Rp12,4 miliar. 

13. Presiden Kamerun, Paul Biya– Rp9,5 Miliar 

Paul Biya presiden Kamerun, memiliki gaji tahunan sebesar US$620.976 atau setara dengan Rp9,5 miliar menjadikannya presiden dengan bayaran tertinggi ketiga di dunia. 

Namun bukan itu saja, dia menjabat sebagai Presiden Kamerun sejak 6 November 1982, menjadikannya presiden terlama kedua di Afrika.

14. Kepala Eksekutif Hong Kong, John Lee Ka –Chiu – Rp8,7 Miliar 

Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus Hong Kong, John Lee Ka - Chiu juga merupakan salah satu presiden dengan bayaran tertinggi di dunia, dengan gaji tahunan sebesar US$568.400 atau setara dengan Rp8,7 miliar. 

Lee diangkat sebagai Kepala Eksekutif pemerintahan pada Juli 2022, karena dia adalah satu-satunya kandidat yang disetujui oleh Tiongkok dalam pemilihan Kepala Eksekutif Hong Kong 2022. 

15. Presiden Swiss, Alain Berset – Rp7,7 Miliar

Dengan gaji tahunan sebesar US$507.000 atau setara dengan Rp7,7 miliar. Presiden Swiss, Alain Berset menempati posisi kelima di antara presiden dengan bayaran tertinggi di dunia. 

Berset sebelumnya menjabat sebagai Presiden Konfederasi Swiss pada tahun 2018, ia dipilih kembali oleh Majelis Federal pada tahun 2013. Ia telah menjadi Anggota Dewan Federal Swiss sejak tahun 2012, dia mengepalai Departemen Dalam Negeri Federal 

16. Presiden Irlandia, Michael D. Higgins – Rp6,14 Miliar

Michael D. Higgins adalah presiden Irlandia dan salah satu presiden dengan bayaran tertinggi di dunia, dengan gaji tahunan sebesar US$401.000 atau setara dengan Rp6,14 miliar. 

Dia telah menjabat sebagai presiden republik kesembilan sejak 2011., sampai dia mengundurkan diri setelah pemilihannya sebagai presiden Irlandia. 

17. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden– Rp6,1 Miliar

Presiden Amerika Serikat ke-46 dan saat ini, Joe Biden, menempati posisi ketujuh di antara presiden dengan bayaran tertinggi di dunia. Biden yang bisa dibilang presiden paling kuat di dunia memperoleh pendapatan tahunan sebesar US$400.000 atau setara dengan Rp6,1 miliar. 

Dia muncul sebagai presiden Amerika Serikat setelah pemilihan presiden 2020, menjadi presiden tertua dalam sejarah AS dan yang pertama memiliki wakil presiden perempuan

18. Presiden Austria, Alexander Van der Bellen– Rp5,8 Miliar 

Dengan gaji tahunan sebesar US$378.666 atau setara dengan Rp5,8 miliar, presiden Austria, Alexander Van der Bellen menempati posisi kedelapan di antara presiden dengan bayaran tertinggi di dunia. 

Sebelumnya, Alexander menjabat sebagai profesor ekonomi di Universitas Wina.  Dia mencalonkan diri dan memenangkan pemilihan Presiden Austria 2016 sebagai kandidat independen. 

19. Presiden Islandia, Guðni Thorlacius Jóhannesson – Rp4,8 Miliar

Presiden Islandia, Guðni Thorlacius Jóhannesson mendapatkan penghasilan terbesar kesembilan, yaitu US$317.000 atau setara dengan Rp4,8 miliar. 

Sebelum mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2016, Guðni menjabat sebagai profesor dan sejarawan di Universitas Islandia. Bidang penelitiannya adalah sejarah Islandia modern. 

20. Presiden Mauritania, Mohamed Old Ghazouani – Rp4,5 Miliar 

Presiden Mauritania, Mohamed Ould Ghazouani mempunyai penghasilan tahunan sebesar US$300.000 atau setara dengan Rp4,5 miliar. Dirinya terpilih pada 22 Juni 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper