Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taipan China Guo Wengui Ditangkap Usai Buron Kasus Penipuan Rp15,4 Triliun

Usai buron dalam beberapa tahun, akhirnya taipan China Guo Wengui ditangkap di Amerika Serikat
Guo Wengui/bloomberg
Guo Wengui/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Guo Wengui, seorang miliarder China ditangkap di New York Amerika Serikat setelah jadi daftar pencarian orang (DPO) pemerintah China.

Dia ditangkap karena menipu investor sebesar US$1 miliar atau sekitar Rp15,4 triliun.

Guo, juga dikenal sebagai Ho Wan Kwok dan Miles Guo, ditangkap  atas dugaan konspirasi yang melibatkan penyelewengan ratusan juta dolar yang diperoleh dari ribuan pengikutnya secara online, kata Departemen Kehakiman AS dalam sebuah pernyataan.

Guo dituduh mengantongi uang yang dikumpulkan dari investor yang dijanjikan keuntungan besar untuk mendukung sejumlah usaha bisnisnya, termasuk perusahaan media GTV Media Group, klub keanggotaan eksklusif yang dikenal sebagai G|CLUBS dan mata uang kripto bernama Himalaya Coin.

Dilansir dari Aljazeera, Guo dituduh menggunakan sebagian dana untuk melakukan pembelian mewah, termasuk properti seluas 50.000 persegi di New Jersey, kapal pesiar senilai US$37 juta, dan Ferrari senilai US$3,5 juta untuk putranya.

Guo juga diduga telah mencuci ratusan juta dana curian untuk menyembunyikan aktivitas ilegal konspirasi tersebut dan melanjutkan penipuan tersebut.

Guo dan mitra bisnisnya Kin Ming Je, yang dituduh melakukan penipuan dengan Guo, menghadapi 11 dakwaan, termasuk penipuan kawat, penipuan sekuritas, dan pencucian uang.

Je, yang menurut pihak berwenang saat ini buron, juga menghadapi dakwaan tambahan menghalangi keadilan.

Tuduhan yang paling serius membawa hukuman hingga 20 tahun penjara. Pengacara Guo menolak berkomentar.

"Kami akan terus melakukan semua yang kami bisa untuk melindungi masyarakat dari konsekuensi yang menghancurkan dari skema penipuan yang merusak," kata Jaksa AS untuk Distrik Selatan New York Damian Williams.

Guo, seorang taipan real estat yang lahir di Shandong, dikenal karena kritik kerasnya terhadap Partai Komunitas China (PKC) dan hubungan dekatnya dengan tokoh-tokoh konservatif terkemuka, termasuk mantan penasihat Trump Steve Bannon.

Pada tahun 2020, Guo dan Bannon meluncurkan grup lobi Negara Federal Baru Tiongkok yang bertujuan menjatuhkan PKT. Bannon berada di kapal pesiar Guo di lepas pantai New York ketika mantan penasihat Trump ditangkap tahun itu atas tuduhan penipuan yang tidak terkait. Bannon, yang akan diadili akhir tahun ini, mengaku tidak bersalah dalam kasus tersebut.

Guo meninggalkan China pada tahun 2014 di tengah tindakan keras terhadap korupsi yang dipimpin oleh Presiden China Xi Jinping.

Pada tahun 2017, Guo mencari suaka di AS setelah mengklaim dia dianiaya oleh PKT karena mengungkap korupsi di kalangan eselon atas kepemimpinan Tiongkok.

China mengonfirmasi bahwa mereka meminta Interpol untuk mengeluarkan pemberitahuan penangkapan Guo pada bulan April tahun itu, setelah pengusaha tersebut membuat serangkaian klaim yang tidak terbukti tentang pejabat China yang melahirkan anak di luar nikah serta memiliki properti dan rekening bank di luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper