Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar CEO Penerima Pesangon Terbesar di Dunia, Uang PHK Capai Triliunan Rp6,3 Triliun

Uang pesangon erat kaitannya dengan berakhirnya masa kerja di sebuah perusahaan. Siapa saja sosok yang menerima pesangon terbanyak di dunia? simak di bawah ini.
Ilustrasi uang pesangon/Freepik.
Ilustrasi uang pesangon/Freepik.

Bill Johnson hingga Billy Bush

11. Bill Johnson, Rp667,9 Miliar

Ketika Duke Energy dan Progress Energy bergabung pada Juli 2012, Bill Johnson — yang merupakan CEO Progress memutuskan untuk mengundurkan diri.

Meskipun anggota dewan Progress menyebut langkah Johnson merupakan tindak penipuan perusahaan, namun dia tetap mendapatkan pesangon sebesar US$44 juta atau setara dengan Rp667,9 miliar. 

12. Roger Ailes, Rp607,2 Miliar

Roger Ailes, mantan CEO dan ketua Fox News memutuskan untuk mengundurkan diri pada Juli 2016. Lantaran adanya gugatan yang diajukan oleh mantan pembawa acara "Fox & Friends" Gretchen Carlson, yang menuntut Ailes atas pelecehan seksual. 

USA Today melaporkan, Ailes menerima pesangon hingga US$40 juta atau setara dengan Rp607,2 miliar, di mana nominal ini setara dengan nilai kontraknya yang berlangsung hingga 2018.

13. Jeff Smisek, Rp558,8 Miliar

Jeff Smisek mengundurkan diri dari perannya sebagai ketua, CEO, dan presiden United Airlines pada September 2015. 

Hal ini lantaran adanya skandal bagaimana maskapai tersebut memberikan perlakuan istimewa kepada mantan ketua Otoritas Pelabuhan New York dan New Jersey, yang mengoperasikan New Bandara area York. 

Meskipun Smisek pergi atas kemauannya sendiri, menariknya dia tidak pergi dengan tangan kosong. Mantan CEO tersebut menerima pesangon senilai US$36,8 juta atau setara dengan Rp558,8 miliar. 

14. Leo Apotheker, Rp276,4 Miliar

Dewan direksi Hewlett-Packard memecat CEO Leo Apotheker, di mana dirinya hanya menjabat selama 11 bulan pada September 2011. Dewan menyebutkan perlunya perubahan kepemimpinan setelah perusahaan gagal memenuhi ekspektasi finansial.

Melansir dari NBC, Apotheker mendapatkan pesangon sebesar US$7,2 juta atau setara dengan Rp109,3 miliar, ditambah saham US$18,2 juta atau saat ini sekitar Rp276,4 miliar. 

15. Carol Bartz, Rp157,9 Miliar

Carol Bartz menerima pesangon senilai setidaknya US$10,4 juta atau setara dengan Rp157,9 miliar ketika dia dipecat sebagai CEO Yahoo pada September 2011. Paket tersebut terdiri dari US$3 juta atau yang saat ini setara dengan Rp45,5 miliar ditambah bonus dan pembayaran dari hibah saham. 

Bartz digulingkan karena ketidakpuasan pemegang saham dengan kinerja saham Yahoo yang dirinya pimpin. 

16. Billy Bush, Rp136,7 Miliar

Billy Bush mendapat pesangon sebesar US$9 juta atau setara dengan Rp136,7 miliar. Dirinya dipecat akibat perkataannya bersama Donald Trump yang dinilai kasar ketika membahas soal wanita dalam segmen "Access Hollywood" pada 2005 silam.

Bush diskors tanpa batas waktu dari program acara "Today" setelah rekaman itu menjadi viral.

Skandal itu meledak hanya beberapa bulan setelah Bush menandatangani kontrak per tahun yang dilaporkan bernilai US$3 juta atau setara dengan Rp45,5 juta hingga US$3,5 juta atau setara dengan Rp53,1 miliar per tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper