Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Miliarder yang Berambisi Bangun Proyek Kota Mandiri, Ada yang di Mars

Dari Elon Musk hingga putra mahkota Arab Saudi, MBS, berikut daftar miliarder rela keluarkan triliunan rupiah untuk proyek kota mandiri.
Peter Thiel berencana bangun kota mandiri Sea Steading/reuters
Peter Thiel berencana bangun kota mandiri Sea Steading/reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah miliarder terkenal seperti Elon Musk, Bill Gates, Larry Ellison hingga Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) berambisi membangun kota-kota mandiri alias “utopia”.

Beberapa proyek ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan, efisien hingga lebih aman secara teknologi

Meski gagasan ini menuai sejumlah kontroversi, namun banyak proyek yang sudah dikembangkan dalam tahap perencanaan bahkan sejumlah miliarder sudah menggelontorkan dana yang fantastis kala merintis bisnis kota mandiri ini. 

Lantas, siapa saja sosok miliarder tersebut? Melansir dari Bisnis, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Elon Musk – Snailbrook, Starbase dan Mars

Menurut laporan terbaru dari The Wall Street Journal, Elon Musk membangun kota mandiri di pinggiran Austin, Texas, Amerika Serikat yang akan dinamai Snailbrook. 

Dalam laporan yang sama disebutkan, Musk telah membeli setidaknya 3.500 hektare di dekat Austin dalam waktu 3 tahun terakhir. 

Dikutip Endgaget, Musk akan membangun 110 rumah, karyawannya ditawari harga sewa rumah dikisaran US$800 hingga US$2.000 atau Rp12,3 juta-Rp30,7 juta per bulan. 

Tak hanya itu, pendiri SpaceX juga telah memiliki gagasan untuk membangun kota metropolis Mars. Sehingga saat ini, dirinya tengah berusaha untuk membuat roket Starship SpaceX ini bisa mendarat di sana. 

2. Marc Lore – Telosa

Marc Lore, mantan CEO Walmart yang kini menjadi CEO Jet.com, mengumumkan rencana untuk membangun kota mandiri bernama “Telosa” sejak 2021.

Meski dirinya tidak merinci soal lokasi pastinya. Akan tetapi, kota ini akan menawarkan warganya akses yang sama ke pendidikan, perawatan kesehatan, dan transportasi. 

Melansir dari situs Telosa, kota ini akan dilengkapi dengan sistem transportasi yang ramah lingkungan dan akses ke teknologi canggih. 

3. Peter Thiel – Sea Steading

Peter Thiel yang merupakan salah satu pendiri PayPal, memulai proyek Sea Steading, yang bertujuan untuk membangun kota-kota mandiri di laut. 

Pada tahun 2008, Thiel meluncurkan misi untuk mengembangkan kota terapung, yang disebut seastead , yang akan beroperasi secara independen dari negara yang ada sebagai pulau kecil mandiri.

Proyek ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari batasan hukum dan regulasi negara.

4. Mohammed bin Salman – Neom

Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tengah membangun  kota mandiri bernama NEOM yang terletak di Laut Merah sejak 2017. 

The Wall Street Journal melaporkan kota itu akan dilengkapi hujan buatan, bulan palsu, robot pelayan dan sejumlah fasilitas, seperti kereta berkecepatan tinggi, stadion olahraga, dan kapal pesiar marina.

5. Bill Gates – Belmont

Bill Gates memiliki rencana untuk membangun kota mandiri bernama Belmont di Arizona. 

Melansir dari AZ Central, dirinya menginvestasikan sekitar US$80 juta atau setara dengan Rp1,1 triliun untuk membangun lahan seluas 24.800 hektar yang terdiri dari tempat tinggal, sekolah umum, dan ruang kantor, komersial, dan ritel pada 2017. 

Sayangnya, sejauh ini belum ada informasi lanjutan terkait proyek yang dibangunnya ini, 

6. Larry Ellison – Lanai

Larry Ellison sebagai pendiri Oracle, telah membeli pulau Lanai di Hawaii. Melansir dari Bloomberg, dirinya membeli sekitar 98 persen Lanai pulau Hawaii dengan harga sekitar US$300 juta atau setara dengan Rp4,4 triliun pada 2012. 

Sejak itu, pulau yang dihuni sekitar 3.000 orang ini telah menjadi tujuan orang- orang kaya raya , menghitung orang-orang seperti Tom Cruise, Cindy Crawford, dan Will Smith sebagai pengunjung. Ellison, dirinya sendiri, pindah ke pulau itu secara penuh pada tahun 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper