Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Miliarder yang Berambisi Bangun Proyek Kota Mandiri, Ada yang di Mars

Dari Elon Musk hingga putra mahkota Arab Saudi, MBS, berikut daftar miliarder rela keluarkan triliunan rupiah untuk proyek kota mandiri.
Peter Thiel berencana bangun kota mandiri Sea Steading/reuters
Peter Thiel berencana bangun kota mandiri Sea Steading/reuters

7. Les Wexner – New Albany

Les Wexner, pendiri perusahaan pakaian Victoria's Secret, membangun desa mandiri bernama New Albany di Ohio sejak 1980-an. 

Saat itu, dirinya membangun rumahnya sendiri dengan 30 kamar di komunitas dan memperoleh 10.000 hektar tanah di sekitarnya sampai akhirnya membeli seluruh kota. 

Melansir dari Realtor, pendapatan rumah tangga rata-rata di New Albany adalah lebih dari US$200.000 atau setara dengan Rp2,9 miliar. Kini, kota itu berpenduduk sekitar 11.000. Harga daftar rata-rata untuk rumah di kota ini lebih dari US$500.000 atau setara dengan Rp7,4 miliar. 

8. Mark Cuban- Mustang

Mark Cuban membeli Mustang yang berlokasi di Texas pada 2021. Alasan dia membeli hanya karena seorang teman perlu menjualnya. 

Mustang sendiri adalah kawasan kosong seluas 77 hektar yang terletak sebuah kota kecil di Navarro County, terletak 55 mil selatan Dallas.

Kota ini didirikan pada awal 1970-an, ketika sebagian besar dikenal sebagai sumber air lokal di Navarro County yang kering. Kota ini pun saat itu hanya memiliki bisnis bar. 

Cuban sendiri tidak memiliki rencana segera untuk properti tersebut.

9. Brunello Cucinelli' – Solomeo

Brunello Cucinelli, seorang desainer fashion Italia, membangun kota mandiri bernama Solomeo di Italia, yang merupakan pusat seni dan budaya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dirinya telah memulihkan dusun kecil di Italia selama 30 tahun terakhir.

10. Kevin Plank – Baltimore

Kevin Plank, pendiri Under Armour , mengumumkan rencananya senilai US$5,5 miliar atau setara dengan Rp82,4 triliun untuk merevitalisasi Baltimore, Maryland — tempat perusahaannya berada pada 2016.

11. Dan Gilberta – Detroit

Dan Gilberta yang merupakan pendiri Quicken Loans serta pendiri Rocket Mortgage, mengumumkan investasi US$500 juta atau setara dengan Rp7,4 triliun dalam rencana untuk merevitalisasi Detroit, Michigan pada 2021. Perusahaannya telah menggelontorkan miliaran dolar ke kota tersebut sejak memindahkan kantor pusatnya ke pusat kota Detroit pada 2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper