Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gurita Bisnis Menteri Termuda Dito Ariotedjo, dari Coworking Space hingga Investasi

Dito Ariotedjo resmi menggantikan Zainudin Amali dalam mengisi posisi Menpora RI. Di luar karier politiknya, Dito dikenal sebagai pengusaha muda
Menpora Dito Ariotedjo dan istrinya/instagram
Menpora Dito Ariotedjo dan istrinya/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Dito Ariotedjo yang berusia 32 tahun, menjadi menteri termuda di Kabinet Presiden Jokowi, menggeser Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim yang saat itu berusia 35 tahun. 

Dia dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta pada Senin (3/4/2023). 

Dalam acara pelantikan tersebut, Ario Bimo Nandito Ariotedjo alias Dito Ariotedjo hadir bersama istri Niena Kirana Riskyana dan anaknya serta keluarga. 

Sebelumnya, Dito menjadi salah satu dari tim ahli Menteri koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto sejak April 2022. 

Dia merupakan kader Partai Golongan Karya (Golkar) dan pada tahun 2016-2021, pernah menjabat menjadi ketua umum dewan pimpinana pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). 

Selain dikenal aktif di dunia perpolitikan. Pria kelahiran 25 September 1990 sekaligus politisi muda Golkar ini juga dikenal sebagai pengusaha.

Berikut sejumlah bisnis yang pernah dijalankan oleh Dito Ariotedjo dihimpun Bisnis dari berbagai sumber. 

1. Olahraga

Pada 2021, dia, Raffi Ahmad dan Rudy Salim mendirikan RANS Sport, sebuah perusahaan media yang membuat dan mendistribusikan konten olahraga dan hiburan bagi penontonnya.

Dia juga menjabat sebagai Chairman RANS Nusantara FC, klub sepakbola yang berlaga di Liga 1 2022/2023. Selain itu, Dito pun menjadi bagian dari RANS PIK Basketball, yang bertanding di Indonesia Basketball League (IBL).

Namun, selepas menjadi Menpora, Dito menyatakan mundur dari jabatannya di RANS Sport itu. Hal itu dirinya lakukan untuk menghindari conflict of interest. 

2. Coworking Space

Dito diklaim memiliki layanan coworking space sejak 2012, sebelumnya bernama Freeware Spaces yang melakukan rebranding dengan nama dan konsep baru menjadi Wellspaces.co.

Selain menyediakan coworking space dan service office untuk startup. Wellspaces.co juga menghadirkan penginapan hingga dapur khusus untuk startup yang menyasar sektor kuliner 

Sayangnya, beberapa sumber menyebut bisnis Dito ini sudah tidak beroperasi lagi. 

3. Investasi 

Dito juga disebut ikut menjalankan bisnis bersama saudaranya Aryo Ariotedjo di sektor investasi bernama ‘Grupara Ventures’ yang kini berganti nama menjadi Absolute Confidence (ABSCON). 

Perusahaan yang didirikan pada 2011 ini, mengelola modal investor untuk disalurkan ke perusahaan rintisan. Sejumlah startup yang mereka dukung, seperti Podkesmas, Wellspace.co, Bizzy Group hingga Kopi Kenangan. Kini, Aryo sendiri menjadi Partner of Investments and Acquisitions di Tjufoo. 

4. Pertambangan

Jauh, sebelum terjun ke bisnis olahraga, dia pernah menggeluti bidang energi. Dito pernah bekerja di Medco Power Indonesia milik Arifin Panigoro, sebagai business development. Bisnis pertambangan nampaknya tak asing bagi Dito. Pasalnya, Dito merupakan anak dari Arie Prabowo Ariotedjo, eks Direktur Utama Antam yang lengser pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper