Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 5 Pengusaha Sukses di Indonesia yang Sangat Menginspirasi

Berikut ini beberapa daftar pengusaha sukses di Indonesia yang bisa jadi motivasi untuk kamu agar kamu lebih semangat untuk bekerja
Pengusaha sukses di Indonesia/Forbes
Pengusaha sukses di Indonesia/Forbes

Bisnis.com, JAKARTA - Kisah inspiratif pengusaha sukses di Indonesia bisa menjadi pelajaran bagi kamu dalam berbisnis. Terutama untuk kamu yang baru merintis usaha. Tidak pernah ada jalan mulus bagi pebisnis hingga ia menjadi sukses. Tentunya ada pasang surut dan jatuh bangun dalam membangun bisnis. 

Kerja keras, pantang menyerah, dan tekad yang kuat menjadi faktor yang membuat para pengusaha muda ini bergelut di bidang usaha yang beragam, dari bisnis kuliner hingga membangun sebuah startup digital. 

Berikut ini adalah beberapa pengusaha sukses di Indonesia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung memiliki saluran televisi ternama di Indonesia yaitu Trans TV dan Trans 7. Keduanya merupakan milik CT. perusahaannya, CT Corp membawahi sejumlah anak perusahaan. Grup ini memiliki anak usaha Trans corp, Bank Mega dan CT Global Resources. 

Perjalanan CT hingga ke titik suksesnya tidak mudah. Ia lahir dari keluarga menengah ke bawah, yang dimana ayahnya berprofesi sebagai wartawan pada masa orde lama. Ketika kuliah, potensi CT dalam berbisnis mulai tumbuh. 

Didorong oleh kebutuhan membiayai kuliah, pengusaha sukses di indonesia satu ini memulai berdagang buku, buka jasa fotokopi, hingga pembuatan kaos. Usahanya tidak selalu berhasil, tidak jarang ia harus menghadapi kebangkrutan. Mulai dari mendirikan toko kedokteran dan laboratorium, usaha kontraktor dan usaha rotan. 

Tetapi, dari pengalamannya menghadapi berbagai macam kegagalan, CT akhirnya menemukan titik terang. Saat ini ia menjadi salah satu konglomerat Indonesia dengan CT Group miliknya.

2. Bob Sadino

Bob Sadino dikenal sebagai pengusaha yang sukses membangun bisnisnya dari nol. Bob Sadino dikenal dengan sebagai pengusaha yang nyentrik. Pengusaha khas, ia selalu menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek. 

Semasa kecil, ia berkecukupan. Pada usia 19 tahun, ia menerima warisan setelah kedua orang tuanya meninggal. Bisa dibilang ia cukup mapan. Bob menghabiskan Sebagian hartanya untuk berkeliling dunia, lalu kembali ke Indonesia dan membeli sebidang tanah. 

Lalu ia keluar dari pekerjaannya dengan tekad mau bekerja secara mandiri namun, rencananya tidak berjalan mulus karena mengalami kecelakaan mobil. Ia sempat mengalami depresi. Saat itu, temannya menyarankan memelihara ayam untuk melawan depresi. Dari sinilah ia mengembangkan usaha ternak ayam yang menjadi cikal bakal Kemfood dan Kem Chicks. 

Seiring berjalannya waktu, Bob menjadi pemilik tunggal pasar swalayan Kem Chicks. Bisnisnya ini berkembang pesat, hingga merambah agrobisnis. Bob Sadino menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 19 Januari 2015. Pengusaha sukses di indonesia satu ini meninggal setelah berjuang melawan penyakitnya yaitu infeksi saluran napas kronis. 

3. Jogi Hendra Atmadja 

Pengusaha sukses di indonesia ini lahir pada tahun 1946, bersama rekannya Raden Sudigdo dan Darmawan Kurnia, mendirikan perusahaan yang mereka beri nama PT. Mayora Indah pada 17 Februari 1977. Dengan ketekunan dan semangat yang dimiliki, Jogi Hendra Atmadja, PT. Mayora berhasil mengeluarkan berbagai produk unggulan, mulai dari biskuit Roma, Kopiko, Beng-Beng, Le Minerale hingga Teh Pucuk. Keberhasilan produk tersebut menghantarkan Jogi Hendra Atmadja menjadi salah satu pengusaha sukses dengan total kekayaan tahun 2016 mencapai hingga Rp10,6 triliun.

4. Boenjamin Setiawan

Nama Kalbe Farma sudah sering didengar oleh banyak orang. Perusahaan yang bergerak di bidang pengobatan ini dirintis oleh Boenjamin Setiawan. Setelah menamatkan Pendidikan kedokterannya di Universitas Indonesia, Boenjamin Setiawan mulai mencoba membuka peluang usaha di bidang farmasi. Perusahaan tersebut didirikan dengan modal kecil. 

Saat itu, pengusaha sukses di indonesia satu ini terpaksa menggunakan garasi mobil sebagai pabriknya. Dengan persaingan yang masih ringan, perlahan-lahan namun pasti, perusahaan rintisannya ini semakin berkembang menjadi perusahaan besar. Meskipun akhirnya Kalbe Farma dinyatakan bengkrut karena krisis moneter melanda Indonesia. Tetapi melalui kegigihan dan kerja kerasnya, lama-kelamaan Kalbe Farma bisa bangkit dan menghasilkan berbagai produk populer seperti Fatigon, Extra Joss dan Sakatonik. 

5. Ciputra

Ciputra adalah pengusaha sukses di indonesia yang memulai bisnis dari nol di bidang properti. Lahir pada 24 Agustus 1931 dengan nama Tjie Tjin Hoan, Ciputra harus mengalami perjuangan hidup yang berat sejak kecil. Ayahnya ditangkap oleh pasukan bersenjata yang tidak dikenal karena dituduh sebagai mata-mata Belanda. Sejak itu, Ciputra harus membantu ibunya berjualan kue dan mengurus sapi peliharaan. 

Meskipun keadaan ekonomi nya tidak terlalu baik, Ciputra berhasil berkuliah di Institut Teknologi Bandung di jurusan Arsitektur dan mulai merintis bisnis sendiri seperti Jaya Group. Metropolitan Group dan Ciputra Group. 

Perjalanan bisnis Ciputra tentu tidak selalu mudah, ia sempat terkena dampak krisis ekonomi pada tahun 1998 dan membuatnya terpaksa memPHK 7000 karyawannya di Ciputra Group dan harus merelakan akhir dari Bank Ciputra dan Asuransi Jiwa Ciputra Allstate. 

Namun, dengan kegigihannya, Ciputra berhasil menjadi orang terkaya ke-11 pada tahun 2017 seiring bisnis Ciputra Group berhasil berekspansi ke luar negeri. 

Itulah beberapa pengusaha sukses di Indonesia yang bisa jadi motivasi untuk kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper