Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jejak Bisnis Domino's Pizza, Berumur 63 Tahun Milik Tom Monaghan

Tom Monaghan dan saudaranya James Monaghan mendirikan Dominos Pizza 1960 lalu.
Dominos Pizza/
Dominos Pizza/

Bisnis.com, JAKARTA -Brand Domino's Pizza baru viral setelah merilis varian terbarunya, pizza American Pie Supreme Cheese.

Video viral pertama oleh akun @pecintapitza28 yang menampilkan produk tersebut telah ditonton lebih dari 10 juta kali.

Video tersebut telah menginspirasi lebih dari 4.000 pengguna Tiktok lainnya yang ikut membuat video dengan tema yang serupa, yang telah ditonton berkisar dari 5.000 hingga 5 juta kali dengan total mencapai lebih dari 100 juta view.

Fenomena ini  berdampak pada jumlah unduhan aplikasi Domino's Pizza Indonesia yang meningkat tajam dan juga tingginya permintaan untuk produk tersebut. Singkat cerita, Domino’s Pizza berhasil mendapatkan lonjakan jumlah pelanggan baru.

Yang menambah daya tarik video viral tersebut adalah audio yang digunakan, dengan nada lagu Indonesia yang populer dan suara yang menarik perhatian. Lirik lagu tersebut diubah dan digunakan dalam video untuk mengungkapkan kecintaan pembuat video terhadap Domino's Pizza. Hal ini tentu membantu merekatkan hubungan emosional antara brand dan pelanggannya.

“Orang-orang menyebutnya ‘pizza viral’ atau ‘pizza Mac N Cheese’, kami menyebutnya ‘American Pie Supreme Cheese. Kami gembira produk kami telah menjadi sensasi yang viral, dan kami berterima kasih atas dukungan dari pelanggan-pelanggan kami.” ujar Mayank Singh, Digital Manager Domino’s Pizza Indonesia

Fenomena ini bukan pertama kalinya Domino's Pizza ramai dibicarakan di media sosial hingga berdampak pada lonjakan sales dan download aplikasi.

Pada September tahun lalu, ketika pemerintah menaikkan harga BBM, video-video viral oleh akun @cobakulineransurabaya, @makanlurr dan lainnya yang mempromosikan Pizza Mania Domino's Pizza menjadi sensasi. Kala itu, mereka mengusung tema "Pizza lebih murah daripada bensin".

Lantas, beberapa kali menjadi viral seperti apa sebenarnya bisnis Dominos Pizza sendiri. Berikut sejarahnya.

Sejarah Domino's Pizza

Jejak Bisnis Domino's Pizza, Berumur 63 Tahun Milik Tom Monaghan

Mengutip laman resminya, Pizza Domino’s pertama kali didirikan oleh Tom Monaghan dengan toko pertamanya dibuka pada tahun 1960.

Bersama saudaranya James Monaghan, mereka mendirikan gerai bernama Dominik’s.

Ketika Tom menjadi pemilik tunggal, namanya diubah menjadi Domino’s Pizza Inc.

Domino dimulai dari kecil, dengan hanya satu toko di Ypsilanti, Michigan, pada tahun 1960.

Maju cepat lebih dari 60 tahun, dan Domino telah berkembang menjadi salah satu merek pizza yang paling dikenal dan terkemuka di dunia.

Berikut timeline bisnis Domino selama bertahun-tahun:

1983

Toko internasional pertama Domino dibuka di Winnipeg, Kanada, dan membuka toko pertamanya di luar Amerika Utara di Queensland, Australia.

1986

Noida

Musuh nomor 1 Domino – The Noid – muncul di layar TV di seluruh AS, menjadi antihero dan penyabot kualitas yang diakui.

1989

Domino memperkenalkan produk baru pertamanya, Handmade Pan Pizza. Pada tahun yang sama, toko Domino ke-5.000 di dunia dibuka.

1992

Domino meluncurkan stik roti – item menu nonpizza nasional pertama.

1994

Kerbau bersayap terbang melintasi layar televisi untuk mengumumkan produk ayam pertama kami, Buffalo Wings.

1995

Selama tahun 1990-an, Domino memasuki 40 pasar internasional termasuk Eropa Timur dan Afrika. Domino's membuka toko internasionalnya yang ke-1.000.

1998

Pendiri Domino, Tom Monaghan, mengumumkan pengunduran dirinya untuk mengejar kepentingan lain, dan menyerahkan kepemilikan perusahaan kepada Bain Capital Inc.

2004

Domino’s Pizza Inc. menjadi perusahaan publik di New York Stock Exchange (NYSE) dengan simbol ticker DPZ.

2007

Domino memperkenalkan pemesanan online dan seluler untuk pelanggan, membuat pengalaman mereka semakin nyaman.

2008

Domino meluncurkan industri pertama: Domino's Tracker®. Teknologi revolusioner memungkinkan pelanggan untuk mengikuti perkembangan pesanan mereka secara online, mulai dari pemesanan, hingga keluar dari oven dan siap untuk diambil atau dikirim.

2009

Di akhir tahun, Domino's membuang resep pizzanya yang berusia 49 tahun dan meluncurkan "pizza yang baru dan menginspirasi".

2011

Majalah Pizza Today menamai Domino sebagai "Chain of the Year" untuk tahun kedua berturut-turut - menjadikan perusahaan tersebut sebagai pemenang keseluruhan tiga kali dan perusahaan pengiriman pizza pertama yang menerima penghargaan tersebut dalam beberapa tahun berturut-turut.

Jejak Bisnis Domino's Pizza, Berumur 63 Tahun Milik Tom Monaghan

2012

Domino's meluncurkan logo baru dan desain toko "teater pizza", yang mengedepankan kesenangan dan seni pembuatan pizza.

2013

Domino memperkenalkan Profil Pizza di dominos.com. Platform profil pemesanan online yang ditingkatkan memberi pelanggan kemampuan untuk menyimpan informasi dan mencatat pesanan favorit mereka hanya dalam lima klik, atau sekitar 30 detik.

2015

Domino's DXP™ (Delivery Expert), kendaraan pengiriman pizza yang dirancang dan dibuat khusus, diluncurkan di 25 pasar di A.S. Mobil ini menampung hingga 80 pizza dan dilengkapi dengan oven penghangat, serta area penyimpanan yang dirancang untuk memuat dan menurunkan pizza dengan mudah dan item menu lainnya.

Pada tahun yang sama, Domino meluncurkan AnyWare, rangkaian teknologi inovatif yang memungkinkan pelanggan memesan dengan lebih banyak cara dan lebih banyak perangkat daripada sebelumnya.

2017

Domino's dan Ford bekerja sama dalam kolaborasi pertama di industri untuk memahami peran yang dapat dimainkan oleh kendaraan swakemudi dalam pengiriman pizza. Sebagai bagian dari pengujian, peneliti dari kedua perusahaan menyelidiki reaksi pelanggan saat berinteraksi dengan kendaraan tanpa pengemudi sebagai bagian dari pengalaman pengiriman mereka.

2018

Domino bersumpah untuk menyelamatkan pizza, satu lubang pada satu waktu, dengan pengenalan hibah Paving untuk Pizza. Perusahaan memberikan satu hibah di setiap negara bagian di AS untuk membantu kelancaran perjalanan pulang untuk pizza yang baru dibuat.

Domino's membuka tokonya yang ke-15.000 di dunia di Lewisville, Texas, pada tahun yang sama.

2020

Domino's Carside Delivery® hadir di toko-toko di seluruh A.S. Opsi pengangkutan tanpa kontak yang nyaman ini memungkinkan pelanggan yang melakukan pemesanan prabayar secara online untuk tetap berada di kendaraan mereka sementara anggota tim mengantarkan pesanan ke mobil mereka.

2021

Domino's meluncurkan Jaminan Carside 2 Menit: pesan Domino's Carside Delivery secara online, check in saat Anda tiba, dan segera setelah pesanan Anda siap, anggota tim Domino akan menuju ke mobil Anda dalam waktu kurang dari dua menit atau pizza Anda berikutnya gratis .

2022

Pengiriman pizza listrik Domino dengan mengumumkan peluncuran lebih dari 800 kendaraan listrik Chevy Bolt 2023 bermerek khusus di seluruh toko tertentu di AS – menjadikannya armada pengiriman pizza listrik terbesar di negara ini!

Jejak Bisnis Domino's Pizza, Berumur 63 Tahun Milik Tom Monaghan

Domino’s Pizza di Indonesia

Domino’s Pizza Indonesia membuka toko pertamanya pada 22 Agustus 2008, tepatnya di Pondok Indah, Jakarta.

Sejak saat itu, Domino’s Pizza Indonesia telah berkembang pesat, dengan 200 toko yang tersebar di 32 kota.

Domino’s Pizza Indonesia dikenal dengan menu yang beragam, termasuk berbagai varian pizza, sides, pencuci mulut, dan minuman.

Mereka pun menawarkan makanan dan catering sesuai dengan preferensi pelanggan.

Domino’s Pizza Indonesia memiliki kehadiran digital (digital presence) yang kuat. Dengan pemesanan daring (online order), aplikasi, dan layanan pengantaran untuk kenyamanan pelanggan.

Domino’s Pizza Indonesia adalah bagian dari MAP (PT Mitra Adiperkasa,Tbk) Indonesia dan Everstone Capital.

Domino’s Pizza Indonesia merupakan pemegang hak lisensi eksklusif untuk brand Domino’s Pizza di Indonesia.

Brand Domino’s Pizza dimiliki Domino's Pizza Inc, perusahaan yang terdaftar di Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper