Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Deretan Kepala Negara dengan Kekayaan Fantastis, Harta Putin Tembus Rp1.066 Triliun

Punya kekayaan fantastis, ini 10 kepala negara terkaya di dunia, Vladimir Putin paling kaya
Presiden Rusia Vladimir Putin/TASS
Presiden Rusia Vladimir Putin/TASS

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala negara adalah sebuah jabatan individual atau kolektif yang memiliki peranan sebagai wakil tertinggi dari sebuah negara seperti republik, monarki, federasi, Persekutuan, atau bentuk-bentuk lainnya.

Namun, beberapa kepala negara di dunia tercatat memiliki kekayaan fantastis. Bahkan jumlah kekayaan beberapa kepala negara ini diperkirakan mencapai ratusan hingga ribuan triliun.

Melansir beberapa sumber, Senin (4/9/2023), berikut adalah 10 kepala negara dengan kekayaan fantastis.

1. Vladimir Putin – US$70 miliar (Rp1.066 triliun)

Presiden Rusia, Vladimir Vladimirovich Putin menempati posisi pertama sebagai presiden terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan yang dimilikinya. Vladimir Putin memperoleh kekayaan dari jabatannya sebagai letnan kolonel dan karier politiknya.

Selain sebagai presiden Rusia, dia juga merupakan mantan perdana menteri pada tahun 1999 hingga 2000 dan menjabat lagi sejak tahun 2008 hingga 2012.

Dia memulai karier politiknya setelah mengundurkan diri dari pangkat letnan kolonel pada 1991. Sebelum mengundurkan diri pada 1991 untuk memulai karier politik, Putin bekerja sebagai perwira intelijen luar negeri KGB selama 16 tahun, hingga mencapai pangkat letnan kolonel.

2. Maha Vajiralongkorn – US$43 miliar (Rp655 triliun)

Putra sulung Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit, Maha Vajiralongkorn saat ini memerintah sebagai Raja Thailand. Di negaranya, pria ini memiliki reputasi yang baik dan merupakan kepala negara yang paling lama berkuasa.

Dia juga disebut sebagai Rama X karena dia adalah penguasa kesepuluh dari dinasti Chakri. Vajiralongkorn, yang berusia 64 tahun pada saat itu, menyandang gelar sebagai raja Thailand tertua.

3. Hassanal Bolkiah – US$20 miliar (Rp304 triliun)

Hassanal Bolkiah adalah raja kedua yang memerintah paling lama di dunia setelah Ratu Elizabeth II dari Inggris. Dia naik takhta setelah pengunduran diri ayahnya pada tahun 1967 dan telah menduduki takhta sejak saat itu.

4. Salman Bin AbdulAziz Al-Saud – US$20 miliar (Rp304 triliun)

Salman bin Abdulaziz Al-Saud, Raja Arab Saudi, lahir pada tanggal 30 Desember 1935, di ibu kota Arab Saudi. Dia adalah salah satu dari 10 presiden terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar Rp304 triliun.

Dia menjadi raja Arab Saudi setelah saudara tirinya, Raja Fahd meninggal pada tahun 2005.

5. Khalifa Bin Zayed Al Nahyan – US$18 miliar (Rp274 triliun)

Posisi kelima dalam daftar ini ditempati oleh Presiden Uni Emirat Arab. Selain menjabat sebagai presiden, dia juga menjabat sebagai kepala otoritas Investasi Abu Dhabi dan Panglima Tertinggi Pasukan Pertahanan Uni Emirat Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper