Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mochtar Riady, Salah Satu Raja 'Mal' di Indonesia

Profil Mochtar Riyadi, salah satu orang terkaya di Indonesia yang jadi raja mal di berbagai daerah
Pendiri Grup Lippo Mochtar Riady memberikan penjelasan di sela-sela peresmian Gedung Mochtar Riady FISIP Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Pendiri Grup Lippo Mochtar Riady memberikan penjelasan di sela-sela peresmian Gedung Mochtar Riady FISIP Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah pusat perbelanjaan di Indonesia mencapai 649 unit pada 2020. Dari jumlah tersebut, sebanyak 118 unit terletak di Jawa Barat.

Dari ratusan mal tersebut, salah satu pemiliknya merupakan raja 'mal' Mochtar Riady. 

Mochtar Riady, merupakan pendiri grup Lippo Group yang menaungi PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) dan mendirikan sejumlah mal besar dan ternama di Indonesia. 

Mochtar merupakan pria keturunan Tionghoa yang lahir dengan nama Lie Moe Tie di Malang, Jawa Timur, 12 Mei 1929. 

Pria yang kini berusia 94 tahun itu dulunya merupakan lulusan jurusan filsafat Universitas Nanking dan sempat tinggal di Hongkong hingga 1950 sebelum akhirnya kembali ke Indonesia setahun setelahnya. 

Melansir Forbes, Mochtar Riady mengawali bisnisnya dengan membuka toko sepeda saat usianya 22 tahun dan membangun karier perbankan yang sukses hingga krisis keuangan Asia tahun 1997.

Dia mengawali pendirian raksasa bisnis Lippo Group dengan membeli saham Bank Perniagaan Indonesia pada 1981 dan memulai kiprah di dunia perbankan. Kini Lippo Group sudah memiliki berbagai cabang bisnis mulai dari real estat, ritel, layanan kesehatan, media, dan pendidikan.

Di industri properti, Lippo tak hanya membangun perumahan, tapi juga membangun kota satelit terpadu, apartemen, pusat belanja, perkantoran, hingga kawasan Industri. 

Oleh karena itu, Lippo Group berkembang di Cikarang dan membentuk Lippo Cikarang, ada pua di Sentul, Bogor, dan di sekitar Jakarta dan Tangerang melalui Lippo Karawaci.

Beberapa mal kenamaan Lippo Group tersebar di seluruh Indonesia. Selain Plaza Semanggi, Lippo Group juga membangun beberapa mal ternama yang ada di Indonesia. Beberapa mal andalannya ada Pluit Village, Lippo Mall Kemang, Lippo Mall Puri, Sun Plaza, dan Palembang Icon dan banyak Lippo Mall lainnya seperti di Kramat Jati, Bogor, Jambi, Batu, Kediri.

Selain itu ada juga Benton Junction Bellanova, Country Mall Cibubur Junction Depok, Town Square Lippo Plaza, Bogor Gajahmada Plaza, Grand Mall Bekasi, Lippo Plaza Kramat Jati, Lippo Cikarang Metropolis, Pejaten Village, Pluit Village PX Pavilion @ St. Moritz Tamini Square WTC Matahari.

Melalui berbagai lini usaha di bawah Lippo Group, kini kekayaan Mochtar Riyadi tercatat mencapai US$1,5 miliar atau setara dengan Rp22,9 triliun.

Selain bisnis mal, Mochtar Riady juga memiliki bisnis perhotelan. Di antaranya Aryaduta Hotels adalah grup hotel bintang lima terbesar di Indonesia dengan delapan hotel di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Manado, Makassar, dan Palembang dengan total kamar di seluruh properti Aryaduta mencapai 1.665.

Bisnis lainnya yang juga digeluti yakni layanan kesehatan. Siloam Hospitals adalah grup layanan kesehatan terbesar di Indonesia milik Grup Lippo. Adapun bisnis rumah sakit ini telah berdiri pada awal 1990-an.  Saat ini, Grup Lippo telah mengoperasikan 24 rumah sakit di seluruh kepulauan Indonesia.

Kini sudah ada 20 rumah sakit di 15 kota dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 3.738 serta hadir dokter umum dan spesialis sebanyak 1.900.

Terakhir, Lippo Group yang dimiliki Mochtar Riady juga aktif mengelola sektor pendidikan melalui Yayasan Pelita Harapan yang terdiri dari 45 sekolah K-12 dan tiga universitas UPH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper