Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Bos Pulauintan Pui Sudarto, Salah Satu Konglomerat dalam Gerbong Proyek IKN

Sosok Pui Sudarto di balik Pulau Intan yang turut masuk dalam gerbong konglomerat yang menanam modal di IKN
Pui Sudarto/yayasan budha tzu chi
Pui Sudarto/yayasan budha tzu chi

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur didukung oleh sejumlah taipan besar sektor properti Indonesia. 

Nama besar yang terlibat ada Sugianto Kusuma alias Aguan dari Agung Sedayu Grup yang menjadi ketua konsorsium untuk melaksanakan groundbreaking proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pekan ini.

Konsorsium Aguan memiliki 10 anggota perusahaan raksasa yang bergerak di berbagai sektor seperti properti hingga energi terbarukan. 

Beberapa nama besar lainnya dari sektor properti ada Franky Wijaya dari Sinar Mas Group, dan termasuk Pui Sudarto dari Pulau Intan. 

Nama Pui tak sering terdengar seperti lainnya, namun ternyata dia merupakan salah satu konglomerat yang bakal turut menggelontorkan investasi di IKN. 

Siapakah Pui Sudarto?

Pui Sudarto merupakan pendiri PT Pulauintan Bajaperkasa Konstruksi atau Pulauintan yang dibentuk pada 30 Juli 1990. Di perusahaan tersebut, saat ini Pui berperan sebagai Presiden Direktur. 

Mengutip berbagai sumber, tak hanya di bidangkonstruksi dan properti, Pui juga merupakan seorang pengusaha sukses di bidang tekstil, manajemen properti, kesehatan, serta jasa kebersihan, dan pengamanan.

Berasal dari keluarga sederhana, Pui merupakan keturunan Tiongkok dan lahir di Singkawang, Kalimantan Barat. Ayah dan Ibunya yang bermigrasi ke Siingkawng bertahan hidup dari hasil bertani dan berdagang. 

Memiliki 7 orang saudara, Pui menjadi salah satu yang beruntung bisa mengenyam bangku pendidikan hingga SMA, dan bberkuliah di Jakarta. Pui merupakan lulusan Teknik Sipil Universitas Kristen Krida Wacana. 

Untuk bisa menghidupi setidaknya diri sendiri di Jakarta, Pui dengan insting bisnisnya yang dibangun sejak kecil mulai berjualan karet di Singkawang ketika pulang sekolah. 

Saat kuliah, dia kemudian memberankan diri mengambil proyek kecil-kecilan seperti renovasi rumah dengan kemampuannya dari jurusan teknik sipil.  

Dari langkah kecil tersebut, ternyata menjadi titik awal berdirinya perusahaan konstruksi nasional, Pulau Intan. 

Nama Pulau Intan sendiri berasal dari marga keluarga Pui yang didirikan bersama Pulau Intan Baja dan Pulau Intan Lestari yang bergerak di bidang tekstil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper