Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Menghasilkan Pasif Income

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar memperoleh pasif income, untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda,
Ilustrasi pendapatan pasif atau passif income- Freepik.
Ilustrasi pendapatan pasif atau passif income- Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Pendapatan pasif (pasif income) adalah pendapatan tetap yang diperoleh tanpa bekerja. Dengan kata lain, aset dan uang yang bekerja untuk Anda sehingga bisa menghasilkan pendapatan tetap.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar memperoleh pasif income, untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda, khususnya bagi generasi sandwich. Untuk mendapatkan pasif income, maka Anda melakukan investasi di awal dalam bentuk uang, waktu, energi.

Simak cara untuk mendapatkan pasif income:

1. Saham dividen

Jika Anda membeli saham, maka akan menghasilkan dividen. Setiap tahun, maka pemegang saham akan menerima dividen rutin dari perusahaan. Maka pilihkan saya yang memiliki kinerja bagus, khususnya blue chip. Anda juga dapat mempertimbangkan ETF dan reksa dana yang menghasilkan dividen.

2. Simpan dana dalam deposito

Deposito pada dasarnya adalah rekening tabungan dengan hasil tinggi berjangka waktu. Anda memasukkan uang Anda paling sedikit 6 bulan dan paling lama 5 tahun. Saat Anda menyetor uang, bank akan menawarkan tingkat bunga tertentu yang akan disetorkan secara berkala ke rekening.

3. Investasi real estat

Anda juga akan menghasilkan pendapatan sewa reguler berarti Anda harus membeli aset rumah atau juga apartemen. Aset ini akan menghasilkan biaya sewa yang menguntungkan bagi Anda. 

Jika Anda tertarik dengan investasi real estat, maka jangan lupa memasarkan aset properti Anda dalam bentuk platform online. Tentunya, calon penyewa dapat mengakses berbagai investasi real estat, termasuk properti sewaan, bangunan komersial, dan proyek pengembangan. 

4. Berinvestasilah dalam seni atau investasi alternatif

Menginvestasikan sejumlah uang tunai di muka dapat memberi Anda penghasilan pasif karena Anda tidak perlu melakukan banyak hal selain melihat nilai investasi Anda naik dan turun. Selain sekuritas seperti saham dan obligasi, pertimbangkan investasi alternatif termasuk logam fisik dan bahkan seni rupa.

5. Jual desain atau karya seni secara online

Apakah Anda seorang fotografer atau suka menggambar? Pertimbangkan untuk membuat situs web atau pasar online seperti Etsy tempat Anda dapat menjual unduhan digital karya seni atau foto Anda. Anda juga memasarkan karya Anda untuk membantu menjual lebih banyak foto melalui situs foto.

6. Menjadi afiliator

Menjadi afiliator yakni dengan cara merekomendasikan produk kepada orang lain kepada pembeli, sehingga Anda bisa mendapatkan komisi setiap kali seseorang membeli produk tersebut. Cara populer orang membagikan tautan afiliasi mereka mencakup media sosial, situs web, dan buletin email.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler