Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Hal yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Mulai Bekerja

Simak enam hal yang biasa dilakukan oleh orang sukses yang bisa diadopsi menjadi rutinitas sehari-hari
Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga

Bisnis.com, JAKARTA -- Menjadi orang sukses sepertinya merupakan cita-cita semua orang. Tapi kesuksesan tidak bisa dibangun begitu saja. 

Bahkan, orang-orang sukses umumnya memiliki kebiasaan hidup yang kerap enggan dilakukan oleh kebanyakan orang, misalnya seperti bangun lebih pagi, menyempatkan olahraga, atau membaca buku. 

Orang yang sukses umumnya bangun lebih pagi, supaya bisa menyiapkan pekerjaan dan bisnsnya sebelum bekerja. Bangun lebih pagi ini jadi salah satu kunci orang sukses bisa menyusun jadwalnya, fokus bekerja, dan mencapai tujuan dengan lebih cepat. 

Nah, berikut ini enam hal yang dilakukan oleh orang sukses sebelum bekerja pukul 9 pagi hingga 5 sore. 

1. Berlatih fisik

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “di dalam tubuh sehat, terdapat jiwa yang kuat". Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan fisik.  Bagi kebanyakan orang, pagi hari adalah waktu terbaik untuk berolahraga, sebelum tanggung jawab hari itu dimulai. Baik itu jalan cepat, membawa hewan peliharaan lari pagi, bersepeda, atau sekadar menggerakkan tubuh. 

Beraktivitas fisik tidak hanya membuat tubuh terasa lebih baik, namun penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan fungsi otak, bahkan bisa membuat Anda lebih pintar dalam bekerja.

2. Tidak melewatkan sarapan

Menjadi orang yang sibuk seringkali tak terpikir untuk sarapan. Namun dalam kaitannya dengan produktivitas sehari-hari, melewatkan sarapan bisa menjadi kesalahan besar.  

Jika kita tidak makan sesuatu di pagi hari, akan membuat kita lapar dan ingin memakan sesuatu sebelum jam makan siang. Selain menghambat produktivitas, lapar juga membuat pikiran menjadi tidak jernih. Oleh karena itu, supaya bisa berpikir dan bekerja sebaik mungkin, luangkan waktu untuk makan makanan seimbang di pagi hari.

3. Lakukan perubahan kecil 

Mulai dari mengambil cucian, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan, atau mengemas bekal makan siang, setiap orang memiliki hal-hal yang harus mereka lakukan.  

Untuk memulai hari, selesaikan hal-hal ini lebih awal. Saat bangun lebih pagi, kita jadi punya waktu lebih untuk mengerjakan tugas sehari-hari yang dapat menyita ruang pikiran yang berharga selama sedang bekerja. 

Jika hal-hal yang mengganggu pikiran itu bisa dihilangkan, kita bisa fokus hanya pada pekerjaan, dan mencapai target denga lebih efektif.  Perubahan kecil seperti ini bisa berdampak besar pada karier jika dijadikan rutinitas.

4. Menyelesaikan daftar tugas yang mengganggu

Setiap orang pasti pernah menunda-nunda melakukan suatu hal. Tapi, agar bisa bekerja dengan lebih fokus, mulailah hari dengan membuat daftar tugas atau to-do-list dan kerjakan setidaknya satu tugas yang sulit diselesaikan dari daftar tugas harian di pagi hari. 

Lakukan tugas tersebut dalam kondisi tubuh paling berenergi dan segar, serta paling siap menghadapi tugas atau pekerjaan sulit.  

Dengan melakukan ini, pikiran akan terasa ringan sepanjang hari, tidak hanya akan merasa puas karena telah menyelesaikan tugas tersebut, tetapi tugas tersebut juga tidak akan membebani dan menimbulkan stres sepanjang hari.

5. Belajar sesuatu yang baru 

Untuk bisa mencapai sukses dalam jangka panjang, harus ada komitmen seumur hidup untuk terus belajar. Belajar menjaga pikiran tetap elastis dan memungkinkan Anda tetap gesit dalam mengerjakan pekerjaan. Hal ini penting karena lanskap setiap bisnis akan berubah dan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Setiap hari, luangkan waktu di pagi hari untuk mempelajari sesuatu yang baru, bisa dengan membaca buku, koran, mempelajari keterampilan baru, atau mungkin dengan mendengarkan podcast yang relevan dengan pekerjaan yang dijalani. 

Dengan belajar hal baru, ada kemungkinan muncul ide-ide hebat atau terobosan baru yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda. 

6. Menyusun rencana harian

Waktu terbaik untuk memetakan hari yang akan dijani adalah di pagi hari, sebelum ada banyak gangguan yang terjadi. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan tujuan, dan rencana aktivitas hari itu dan bagaimana memprioritaskan tugas untuk mewujudkannya.

Bersikaplah realistis dalam merencanakan kegiatan harian,  jangan membuat daftar tugas yang panjang dan tidak akan pernah bisa diselesaikan, sehingga malah menimbulkan stres. 

Sisakan pula waktu untuk istirahat. Buatlah rencana harian seperti sedang melakukan perjalanan. Kita bisa bebas keluar jalur, tapi dengan adanya rencana yang sudah dibuat, akan membantu menjaga kegiatan harian tetap pada jalur yang benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper