Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Sukses Aliuyanto, Pendiri Solaria dari Kedai Sederhana Menjadi Restoran Ternama

Pendiri Solaria berhasil mengubah kedai sederhana menjadi restoran terkenal di seluruh Indonesia
Aliuyanto pendiri Solaria saat membagikan pengalamannya/
Aliuyanto pendiri Solaria saat membagikan pengalamannya/

Bisnis.com, JAKARTA – Solaria adalah salah satu restoran ternama di Indonesia. Berdiri selama hampir 20 tahun, Solaria kini memiliki lebih dari 200 gerai yang tersebar di Indonesia.

Solaria adalah restoran keluarga yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman seperti chicken cordon bleu, nasi goreng teri medan, kwetiau siram ayam, nasi ayam goreng mentega dan masih banyak menu lainnya.

Solaria memiliki branding yang unik, simpel, dan elegan dengan warna dominan ungu dan putih.

Kesuksesan Solaria tentu saja tidak lepas dari campur tangan sang pemilik restoran ini, yaitu Aliuyanto.

Profil Aliuyanto pendiri Solaria

Aliuyanto adalah warga keturunan Tionghoa. Lulusan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada ini sudah 21 tahun malang melintang di bisnis kuliner. Namun, kesuksesan yang diraih Aliuyanto tidaklah mudah.

Sebelum memulai karir sebagai pengusaha, Aliuyanto sempat bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta. Bekerja di sebuah perusahaan, bagi Aliuyanto, tidak memberikan kesempatan baginya untuk mengembangkan potensinya. Namun, memulai bisnis juga tidak mudah, karena tabungannya tidak mencukupi untuk memulai bisnis.

Meski begitu, dia tetap bertekad untuk memulai bisnis. Bisnis kuliner pada awalnya bukanlah pilihan karena memasak bukanlah hobinya. Hingga akhirnya pada 1991 dia mendirikan restoran Solaria.

Aliuyanto membangun Solaria dengan modal pas-pasan. Namun, dia memiliki tekad dan kemauan yang tinggi untuk membuka usaha restoran. Inti kesuksesan yang dipegang teguh Aliuyanto adalah tekad yang kuat dengan konsistensi menjalankannya dengan baik.

Aliuyanto memulai bisnisnya dengan sebuah kedai sederhana dan menyajikan menu makanan sehari-hari.

Aliuyanto paham betul karakteristik orang Indonesia yang lebih menyukai masakan yang pas di lidah mereka. Dia tinggal mengolah makanan yang sesuai dengan lidah orang Indonesia dengan kuantitas banyak dan tak lupa dengan harga yang pas di kantong.

Gerai pertama Solaria

Solaria berada di bawah naungan PT Sinar Solaria (Solaria Restoran). Solaria memulai gerai pertamanya di Lippo Cikarang. Dengan strategi penawaran makanan porsi jumbo, restoran ini berkembang dengan cepat.

Ketika restoran pertamanya diluncurkan pada tahun 1991, Aliuyanto mengakui bahwa bisnisnya tidak berjalan dengan baik.

Butuh waktu beberapa tahun bagi resto Solaria ini untuk dikenal masyarakat. Tahun demi tahun dilalui dengan perjuangan yang tak mudah, hingga pada tahun 1995, restoran ini mulai berkembang dengan baik.

Pada awalnya, ia hanya memiliki 4 karyawan, namun setelah 20 tahun, ia telah membuka 200 restoran di 55 kota dan 31 provinsi.

Fasilitas bintang lima tapi harga kaki lima. Itulah konsep yang dijual restoran ini untuk menarik pelanggan. Meski harganya murah, bukan berarti pelayanan yang diberikan kepada pelanggan ala kadarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper