Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Sikap Leader agar Menjadi Pemimpin Hebat

Pemimpin harus bisa menyatukan segala unsur yang berbeda dalam suatu organisasi.
Leadership./ilustrasi
Leadership./ilustrasi

Bisnis com, JAKARTA – Menjadi pemimpin bukan hal yang mudah, pemimpin hanya memimpin, tetapi harus mengarahkan organisasi apapun perusahaan ke goals yang diinginkan.

Pemimpin harus bisa menyatukan segala unsur yang berbeda dalam suatu organisasi. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa menjadi pemimpin dan tidak semua orang layak jadi pemimpin.

Dikutip Forbes (23/10/2023) seorang leader harus bisa memecahkan suatu permasalahan dan mengambil solusi yang tepat. Untuk itu, Forbes menuliskan 5 sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Simak 5 sikap berikut yang mendefinisikan pemimpin hebat:

1. Pemimpin Harus Berani Berbeda Pendapat dan Mengungkapkan Pendapat Tersebut 

Dibutuhkan keberanian untuk tidak setuju dengan orang lain.  Para pemimpin, sama seperti orang lain, mengalami masa-masa sulit.

Keberanianlah yang memungkinkan para pemimpin sukses untuk mengatasi tantangan secara konsisten dan melakukan hal-hal yang tidak ingin dilakukan oleh orang lain, meskipun mereka tahu, tidak ada jaminan kesuksesan.  

2. Pemimpin Harus Berani Mengambil Risiko Lebih Besar Dibandingkan Orang Lain

Pemimpin yang bersedia mengambil risiko lebih besar dibandingkan rekan-rekannya akan lebih sukses. Risiko-risiko ini akan dipertimbangkan tanpa terjebak dalam kebimbangan analisis yang berlebihan. Para pemimpin ini tidak takut melakukan kesalahan melainkan belajar darinya dan memastikan mereka tidak mengulanginya.  


3. Memiliki Sifat Mudah Bergaul

Pemimpin adalah orang yang mempunyai kemampuan mempengaruhi orang lain. Memiliki kemampuan berteman dan membangun hubungan adalah keterampilan penting bagi semua pemimpin. Hubungan positif seringkali menjadi faktor kunci dalam kemampuan dan kemauan untuk mencapai tujuan yang sulit. 

Berusahalah untuk tetap menjaga jalur komunikasi tetap terbuka sehingga pemimpin bisa mendapat relasi dengan bawahan maupun klien. 

Tunjukkan keterampilan mendengarkan secara aktif untuk mendorong komunikasi, seperti mengajukan pertanyaan terbuka dan penuh perhatian saat orang lain berbicara. 


4. Memiliki Waktu Melihat Fakta dan Meriset Sebelum Mengambil Keputusan 

Pemimpin harus memeriksa semua fakta dan mempertimbangkan konsekuensinya sebelum membuat keputusan. Membuat keputusan dengan cepat dan percaya diri adalah salah satu tugas utama sebagai seorang pemimpin.

Dengan mempraktikkan perilaku ini, orang akan dapat mengembangkan kepercayaan pada kemampuan pengambilan keputusan. Hal ini juga memungkinkan pemimpin meningkatkan efisiensi ketika waktu merupakan sumber daya yang penting.

5. Strategis dan Fokus Pada Masa Depan 

Pemimpin berdampak langsung pada organisasinya dengan memikirkan masa depan. Praktik masa depan berdampak pada seluruh aspek organisasi mulai dari keputusan, tindakan, hingga strategi.  Para pemimpin organisasi juga harus membayangkan dan mempersiapkan masa depan organisasinya. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper