Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raih Komisi Rp40 Juta Sebulan, Tips Sukses dari Dua Shopee Affiliate

Bagi Anda yang ingin mendapatkan komisi hanya dengan rebahan dan menyebarkan link, maka bisa bergabung ke Shopee Affiliate.
Shopee PHK karyawan untuk melakukan efisiensi
Shopee PHK karyawan untuk melakukan efisiensi

Bisnis.com, JAKARTA – Istilah Shopee Affiliate sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Shopee yang aktif di media sosial. Program Afiliasi Shopee adalah  sebuah program dari Shopee yang mengajak para content creator yang aktif di media sosial untuk mempromosikan produk Shopee. 

Para content creator diajak bekerja sama untuk mempromosikan sebuah produk di Shopee dan nantinya akan diberi imbalan berupa komisi dari pembelian produk tersebut. Beragam media sosial yang bisa digunakan mulai dari Instagram, YouTube, Twitter, TikTok, hingga Facebook.

Para content creator atau affiliate akan mendapatkan custom link dari produk yang ingin dipromosikan. Link tersebut bisa dicantumkan di dalam konten promosi. Lalu, Anda akan mendapat komisi dari setiap pembelian produk melalui link tersebut.

Cara Bergabung Shopee Affiliate

Cara bergabung Shopee Affiliate pun sangat mudah, hanya mendaftarkan akun Shopee pada affiliate.shopee.co.id dan isi semua informasi yang dibutuhkan. 

Dalam waktu tiga hari, akan mendapatkan konfirmasi bahwa akun Shopee Affiliate sudah aktif dan dapat digunakan.

Shopee Affiliate, Shopee Influencer dan Shopee Partner

Selain Shopee Affiliate, terdapat juga Shopee Influencer dan Shopee Partner, ketiga program Shopee ini memiliki cara kerja yang sama, yaitu mengajak para content creator untuk mempromosikan produk-produk Shopee melalui media sosia.  

Perbedaan dari ketiganya terletak pada syarat pendaftaran. Untuk mendaftar menjadi Shopee Affiliate, tidak ada jumlah minimal followers  dan jumlah minimal pesanan di media sosial. 

Sementara untuk menjadi Shopee Influencer dan Shopee Partner, followers yang harus dimiliki adalah lebih dari 2.000 orang di media sosial.

Terdapat syarat tambahan untuk Shopee Partner yaitu harus membuat konten original dan harus mencapai 50 pesanan minimal 1 (satu) kali dalam 3 (tiga) bulan terakhir.

cara dapat banyak komisi dari shopee Affiliate
cara dapat banyak komisi dari shopee Affiliate

Cara Kerja

Cara kerja Shopee Affiliate terbilang mudah, custom link yang didapatkan dari Shopee dapat digunakan di media sosial manapun.

Cukup membuat konten di media sosial yang menarik mengenai produk tersebut, lalu cantumkan link pada deskripsi produk, sehingga jika seseorang tertarik maka akan langsung menuju ke link tersebut.

Ketika sudah masuk pada link tersebut, namun tidak membeli produk yang dipromosikan oleh Affiliator, tidak perlu khawatir.

Toko tersebut mungkin saja menjual berbagai macam produk, sehingga ketika Ia tidak membeli produk yang dipromosikan, namun membeli produk lain dalam toko tersebut, Affiliator tetap akan mendapatkan komisi.

Tips Sukses Menjadi Shopee Affiliator

Dengan keuntungan dan kemudahan cara kerjanya, bagaimana caranya agar mendapat untung dengan menjadi Shopee Affiliate?

Berikut ini adalah tips sukses menjadi Shopee Affiliate dari Ayu Catur dan Devi Ananda yang tembus lebih dari 40 Juta dengan bekerja sama dengan Shopee selama kurang dari 3 bulan

1. Aktif di Media Sosial

Untuk menjadi affiliate yang sukses, tentunya harus aktif bermedia sosial, melalui media sosial apapun dapat digunakan untuk mempromosikan produk.

Ayu dan Devi aktif di media sosial khususnya Youtube, mereka selalu mencantumkan link pada description box Youtubenya untuk mempermudahnya dalam meraih para peminat akan produknya.

Berikut ini tips dari Ayu dan Devi akan media sosial yang dapat digunakan:

a. YouTube

Ayu memiliki lebih dari 2000 followers yang memungkinkan Ia untuk bergabung menjadi Shopee Influencer.  Untuk mempromosikan produknya, Ayu menggunakan platform Youtube, begitupun dengan Devi, menaruh link pada deskripsi konten youtubenya, sehingga ketika seseorang berminat maka akan dengan mudah menemukan link tersebut.

b. Tiktok

Tiktok menjadi sarana yang memudahkan untuk mempromosikan, apalagi bagi yang memiliki banyak followers, Anda dapat membuat konten sekaligus promosi yang memungkinkan banyak peminat untuk membeli barang tersebut dengan mencantumkan link pada bio Tiktok.

c. Telegram 

Selain YouTube, Ayu juga menyarankan untuk melalukan hal yang sama melalui Telegram. Caranya dengan membuat channel “Racun Shopee” di Telegram lalu isi dengan link link produk tadi. Sehingga akan banyak yang bergabung pada channel tersebut.

d. Instagram 

Membuat konten berupa video di Instagram, video dapat diambil dari akun shopee toko tersebut maupun original buatan kita. Lalu, cantumkan link pada caption.

e. Facebook

Begitupun di Facebook, bergabunglah dengan grup yang sesuai dengan apa yang akan di promosikan, sehingga akan banyak peminatnya dan besar kemungkinan mereka akan klik link tersebut.

f. WhatsApp

Meskipun di ketentuan Shopee tidak menyebutkan WhatsApp sebagai tempat untuk mempromosikan, namun tidak ada salahnya untuk tetap berusaha mempromosikannya kepada orang-orang terdekat melalui WhatsApp.

2. Cari tahu informasi produk

Sebelum mempromosikan produk dan membuat konten, pastikan untuk mencari tahu mengenai produk tersebut secara lengkap. Semakin lengkap informasi yang kamu berikan, maka semakin memudahan pembeli yang akan membeli produk tersebut.

3. Pilih produk yang banyak diminati

Pentingnya mengamati tren agar dapat mempromosikan produk sesuai dengan apa yang sedang ramai dicari, contohnya jika sedang mendekati hari raya idul fitri maka produk yang sedang banyak dicari adalah produk gamis. Hal ini memungkinkan untuk menarik para pembeli untuk menggunakan link yang kita miliki.

4. Buatlah konten menarik

Devi Ananda mengatakan bahwa Anda bisa membuat konten dalam format video untuk YouTube dan TikTok, reels Instagram, ataupun berupa thread di Twitter. 

Untuk para pemula, Anda bisa melihat model konten yang dibuat oleh affiliate lain sebagai referensi.

5. Beli dan coba produk yang dipromosikan

Devi Ananda juga mengatakan bahwa akan lebih baik jika Anda membeli dan menggunakan produk yang dipromosikan, sehingga dapat memberikan ulasan yang lengkap mengenai bagaimana produk tersebut.

Namun, jika tidak membeli atau menggunakan produk tersebut, cantumkan informasi lengkap seperti harga, nama toko, hingga rating produk.

6. Manfaatkan peluang 

Selain menggunakan produknya, kamu juga bisa bekerja sama dengan para seller untuk mempromosikan produk mereka.

Jika konten yang dibuat memiliki daya jual yang tinggi, hal itu memungkinkan para seller untuk mengajak bekerja sama. Seperti Ayu Catur dan Devi Ananda yang saat ini sudah bergabung menjadi Shopee Partner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper