Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karier yang Paling Banyak Diincar Orang Narsistik

Dari industri hiburan hingga politik, ini karier yang banyak digeluti orang dengan kepribadian narsistik
Karier yang Paling Banyak Digeluti Orang Narsistik Dok. Freepik
Karier yang Paling Banyak Digeluti Orang Narsistik Dok. Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Gangguan kepribadian narsistik adalah suatu kondisi kesehatan mental di mana orang memiliki rasa kepentingan diri yang terlalu tinggi.

Mereka membutuhkan dan mencari terlalu banyak perhatian dan ingin orang lain mengaguminya.

Orang dengan gangguan ini mungkin kurang memiliki kemampuan untuk memahami atau peduli terhadap perasaan orang lain.

Dilansir dari Bolde, orang narsistik ada di setiap bidang kehidupan, dan ego mereka yang besar, egoisme, dan kesediaan mereka untuk memanipulasi orang-orang di sekitar mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan bisa jadi sulit untuk diatasi.

Meskipun Anda memiliki kendali atas kehidupan pribadi Anda dan dapat mengesampingkannya, itu sedikit lebih sulit jika menyangkut karier Anda. Meski demikian karier di bawah ini bukanlah acuan bahwa semua yang berkecimpung di dalamnya adalah seorang narsistik.

Berikut adalah 12 bidang yang mungkin dikejar oleh orang narsisis 

1. Industri Hiburan

Kemewahan dan glamornya industri hiburan sering kali menarik perhatian orang-orang dengan sifat narsistik. Sorotan dan kekaguman yang terus-menerus dapat menambah kebutuhan mereka akan perhatian dan pengakuan.

Mulai dari aktor hingga tokoh TV, fokus industri ini pada citra dan status selebritas dapat menjadi magnet bagi orang-orang yang menjalani hidup dengan mendambakan pengakuan dan pengakuan.

2. Eksekutif Tingkat Tinggi

Di dunia korporat, terutama di kalangan eksekutif tingkat tinggi, narsisme terkadang disalahartikan sebagai kepercayaan diri. Dorongan untuk mencapai kesuksesan, kekuasaan, dan kendali dalam peran-peran ini dapat menarik bagi kepribadian narsistik. Mereka sering berkembang dalam lingkungan yang menghargai ketegasan dan kepribadian yang kuat, bahkan jika itu berubah menjadi kesombongan.

3. Politik

Politik adalah bidang di mana narsisme dapat (dan biasanya berkembang) - cukup buka beritanya dan Anda akan mengerti maksud saya di sini. Keinginan (dan seringkali keputusasaan) akan kekuasaan, pengaruh, dan kekaguman publik sejalan dengan kecenderungan narsistik.

Politisi sering kali menjadi sorotan publik, dan kebutuhan yang terus-menerus akan persetujuan dan pengakuan dapat menarik orang-orang dengan ciri-ciri kepribadian ini.

4. Penjualan Dan Pemasaran

Karier penjualan dan pemasaran sering kali berkaitan dengan persuasi dan pengaruh, dan keterampilan tersebut sering kali sejalan dengan sifat narsistik. Fokus pada pencapaian, persaingan, dan kesuksesan pribadi di bidang-bidang ini dapat menarik bagi orang-orang yang ingin menjadi yang terbaik dan menonjol dari yang lain.

5. Profesi Hukum

Bidang hukum bisa menjadi daya tarik bagi orang narsisis - pikirkan tentang pengacara yang Anda kenal atau pernah temui dan Anda akan mendapatkan saya. Sifat litigasi yang konfrontatif, kebutuhan untuk membujuk dan menang, serta kejayaan yang terkait dengan menjadi pengacara yang sukses dapat menarik bagi seseorang yang memiliki hasrat kuat akan kekaguman dan rasa superioritas.

6. Influencer Media Sosial

Dengan maraknya media sosial, menjadi seorang influencer telah menjadi jalur karier yang menarik banyak orang berkepribadian narsistik. Perhatian yang terus-menerus, validasi melalui suka dan pengikut, serta persepsi selebriti bisa sangat menarik bagi orang-orang yang ingin dipuja oleh orang yang tidak mereka kenal dan tidak akan pernah mereka temui serta memiliki platform untuk menampilkan diri mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper