Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 10 Keterampilan Freelancing Paling Dicari Tahun 2024

Asah keterampilan berikut ini dan jadi freelancer paling dicari di 2024
Simak 10 Keterampilan Freelancing Paling Dicari Tahun 2024/
Simak 10 Keterampilan Freelancing Paling Dicari Tahun 2024/

Bisnis.com, JAKARTA - Selama beberapa tahun terakhir, pekerjaan freelance atau pekerja lepas menjadi lebih menarik. Selain bisa kerja jarak jauh, fleksibilitas dan bayaran upah yang lebih sesuai membuat pekerjaan ini banyak diminati. 

Namun, untuk bisa menjadi pekerja lepas yang berkualitas dan profesional, perlu memiliki kemampuan-kemampuan khusus, mulai dari pengembang web hingga penerjemah salinan.  

Tantangannya, sekalipun sesuai kemampuan, tak semua tawaran kerja lepas cocok dengan para pencari kerja.

Menurut Exploding Topics, sekitar 1,57 miliar orang di angkatan kerja global adalah pekerja lepas. Di seluruh dunia, total pasar platform freelance diperkirakan bernilai US$3,39 miliar.

Untuk menonjol di pasar freelance yang ramai, Anda perlu membekali diri Anda dengan keterampilan yang paling diinginkan klien.

Berikut ini adalah 10 keterampilan freelance yang banyak diminati dan dicari di pasar freelance:

1. Keterampilan data

Dunia usaha kini tenggelam dalam data, banyak perusahaan yang memerlukan penerjemah data untuk mengubahnya menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti.

Orang yang menguasai kemampuan analisis dan visualisasi data akan menjadi seorang freelancer yang luar biasa. Pelajari alat seperti Tableau dan Power BI, dan jadilah ahli yang bisa mengubah angka mentah menjadi narasi menawan yang mendorong keputusan bisnis.

2. Keterampilan AI dan ML

Kecerdasan buatan (AI) bukan lagi hanya cerita fiksi ilmiah. Hal ini sudah menjadi kekuatan penting dalam industri freelance.  

Keterampilan dalam AI, termasuk pembelajaran mesin dan pemrosesan bahasa alami, menjadi semakin penting.  

Freelancer yang memahami kekuatan AI, khususnya ChatGPT, dapat menawarkan solusi inovatif untuk klien. Ini bisa berupa apa saja mulai dari pembuatan sistem layanan pelanggan seperti chatbot hingga pembuatan gambar dan konten untuk pemasaran email yang sukses, atau solusi pengkodean dan analisis data, dan masih banyak lagi. 

Pekerja lepas yang memiliki keterampilan AI unik ini kemungkinan besar akan memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang pada tahun 2024 dan ini adalah keterampilan pekerja lepas terbaik yang harus diwaspadai.

3. Keterampilan Konten Pemasaran (Content Marketing)

Konten pemasaran memegang kendali tertinggi dalam industri freelance, dan penulis terampil selalu banyak diminati.

Namun selain tata bahasa dan ejaan, Anda perlu memahami strategi konten, pengoptimalan SEO, dan keterlibatan audiens.

Menjadi ahli kata-kata yang menyusun narasi menarik, postingan blog, dan salinan media sosial yang sesuai dengan audiens target akan mendorong hasil yang baik di dunia freelance.

4. Keterampilan UI dan UX

Situs web atau aplikasi yang indah tidak ada gunanya jika navigasinya membingungkan. Dengan menguasai desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) akan jadi pilihan terbesar di pasar freelance. 

Pasalnya, website yang menarik dan mudah diakses bukan lagi suatu pilihan melainkan suatu keharusan.

Pelajari riset pengguna, pembuatan prototipe, dan arsitektur informasi untuk membangun jembatan yang mudah digunakan antara klien Anda dan pelanggan mereka.

5. Keterampilan Pemasaran Digital (Digital Marketing)

Dari SEO dan media sosial hingga pemasaran email dan iklan berbayar, lanskap pemasaran digital sangat luas.

Menguasai beberapa bidang utama dan memahami cara kerja keduanya akan menjadikan Anda seorang pekerja lepas yang dicari.

Menjadi ahli strategi yang mengatur kampanye di berbagai saluran  akan mendorong lalu lintas, prospek, dan konversi sampai ke penjualan untuk suatu perusahaan, yang akan menguntungkan bagi pemberi dan penerima kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper