Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 5 Ide Jualan Saat Ramadan dan Tips Membuka Bisnis

Gamis mempunyai daya tarik tersendiri bagi umat muslim di Indonesia menjelang Ramadan. Gamis bisa menjadi ide bisnis saat Ramadan.
Seorang perempuan yang memulai saat Ramadan/Freepik
Seorang perempuan yang memulai saat Ramadan/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk memulai bisnis seperti baju muslim, takjil, dan hijab.

Apakah Anda bingung memilih bisnis saat Ramadan? Biasanya, umat Islam di Indonesia akan berburu pakaian. Baju baru biasanya digunakan saat hari raya Idulfitri, maka bisnis pakaian sangat cocok untuk dicoba.

Ide bisnis pakaian saat Ramadan:

1. Baju koko

Baju koko sangat diburu umat muslim menjelang Ramadan, banyak dari mereka yang rela mengikuti sistem PO (Pre Order) untuk mendapatkan baju koko yang diinginkan. Peluang ini dapat Anda gunakan sebagai ide bisnis jualan menjelang Ramadan, karena bisnis ini mempunyai peluang yang besar, jadi jangan ragu untuk mencoba berjualan baju koko.

2. Baju Gamis

Gamis selalu mempunyai daya tarik tersendiri bagi umat muslim di Indonesia, khususnya bagi kalangan ibu-ibu. Baju gamis dapat digunakan sebagai ide bisnis yang sangat menjanjikan, banyak orang yang memilih gamis sebagai barang yang diperjualkan.

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih bisnis pakaian apa yang menjanjikan, gamis bisa Anda gunakan sebagai ide bisnis jualan pakaian Anda.

3. One Set wanita

Tren fesyen seakan tidak pernah ada habisnya, setiap tahun bahkan bulan selalu mempunyai tren fesyen yang berbeda dan menarik. Salah satu tren fesyen yang sedang ramai dikalangan wanita, yakni One Set (setelan atasan dan bawahan).

Bagi para wanita, tren fesyen ini sangat memudahkan mereka, karena harga untuk satu One Set akan jauh lebih murah dibandingkan jika membelinya secara terpisah.

Anda, dapat gunakan tren fesyen ini sebagai ide bisnis jualan. Tren fesyen yang sedang ramai akan mempengaruhi tingkat penjualan Anda.

4. Baju muslim anak

Baju muslim anak dapat menjadi salah satu ide bisnis Anda, ketika akan memasuki bulan Ramadan banyak orang tua khususnya seorang ibu, mereka akan mencari baju muslim untuk digunakan anaknya pada saat hari raya lebaran tiba.

Anda dapat memilih ide bisnis baju muslim anak dengan memperjualkan atasan baju muslim atau setelan baju muslim anak laki-laki atau perempuan. Ide bisnis ini cukup menjanjikan bagi Anda yang ingin mempunyai bisnis pakaian.

5. Hijab

Hijab atau kerudung merupakan identitas dari wanita muslimah. Saat ini, banyak sekali jenis hijab yang diperjualkan, sangat tepat untuk menjadikan hijab sebagai bisnis jualan Anda. Tren hijab yang terus berganti hingga sampai saat ini, menjadi daya tarik sendiri bagi yang menggunakannya.

Anda bisa mencoba ide bisnis jualan hijab yang sedang tren saat ini, dengan berjualan hijab yang sedang tren tentu akan lebih meningkatkan pendapatan pada bisnis Anda.

Berikut tren hijab saat ini di Indonesia

1. Segi empat dengan bahan paris
2. Segi empat bahan bella squre
3. Pashmina bahan jersey
4. Pashmina silk
5. Pashmina ceruty


Tips membuka bisnis pakaian dibulan Ramadan

1. Melihat tren fesyen

Ketika Anda, ingin membuka bisnis pakaian saat bulan Ramadan sangat penting untuk melihat tren fesyen yang sedang ramai diminati, mulai dari jenis pakaiannya hingga warna-warna yang sedang diminati banyak orang. Tren fesyen akan membantu Anda untuk melihat jenis pakaian apa yang akan menguntungkan untuk bisnis Anda, hal ini perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi tingkat penjualan dalam bisnis Anda.

2. Menjadi reseller

Apakah Anda salah satu yang bingung untuk memulai bisnis pakaian? Nah, menjadi reseller adalah langkah yang dapat diambil untuk memulai bisnis Anda, ketika Anda menjadi salah satu reseller maka modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, menjadi reseller sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis tetapi tidak mempunyai budget yang banyak.

3. Menentukan target pasar

Dalam sebuah bisnis sangat penting untuk menentukan target pasar, ketika target pasar sudah sesuai dengan jenis bisnis Anda, hal tersebut akan mempengaruhi tingkat penjualan dan keberhasilan bisnis Anda.

Kenali jenis bisnis Anda terlebih dahulu, kemudian lakukan riset mengenai bisnis Anda, seperti melihat siapa saja yang akan tertarik dan sering menggunakan pakaian yang ingin Anda perjualkan. Nah, apabila sudah melakukan riset mendalam barulah Anda bisa menentukan siapa target pasar untuk produk Anda.

4. Pertimbangkan lokasi

Lokasi sangat penting untuk menentukan keberhasilan bisnis Anda, pemilihan lokasi yang salah akan menyebabkan kerugian dalam bisnis yang dijalani. Pertimbangkan lokasi sebelum menjualkan produk Anda, lihat bagaimana minat orang-orang di lokasi tersebut.

Jika Anda ingin berjualan online, maka lakukanlah riset terlebih dahulu dengan melihat bagaimana karakteristik pengguna platform jualan online yang Anda pilih. Anda, harus mempertimbangkan setiap platform dan lihatlah besarnya peluang bisnis yang dapat diberikan dari platform tersebut. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper