Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulan Penuh Berkah, Ini Ide 6 Jualan Selama Ramadan

Bulan suci Ramadan menjadi waktu yang sangat tepat untuk para UKM untuk memanfaatkannya dalam berjualan.
Bulan suci Ramadan menjadi waktu yang sangat tepat untuk para UKM untuk memanfaatkannya dalam berjualan./Freepik
Bulan suci Ramadan menjadi waktu yang sangat tepat untuk para UKM untuk memanfaatkannya dalam berjualan./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Bulan suci Ramadan menjadi waktu yang sangat tepat untuk para UKM untuk memanfaatkannya dalam berjualan.

Suasana Ramadan tak hanya membawa nuansa spiritual dan ibadah yang mendalam bagi umat Muslim, tetapi juga membawa peluang bisnis yang besar. Selain itu, bulan Ramadan juga merupakan waktu yang memberikan kesempatan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

Berdasarkan hasil survey The Trade Desk, menunjukkan 1 dari 3 masyarakat Indonesia (32%) akan berbelanja lebih banyak pada Ramadan 2024. Dengan menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tradisi. Selama Ramadan, anda juga dapat memperkuat ikatan dengan konsumen serta membangun kepercayaanyang lebih dalam.

Selain itu, dengan meningkatnya aktivitas sosial dan pertemuan keluarga selama bulan suci ini, peluang untuk memperluas jaringan dan mendapatkan referensi bisnis juga semakin terbuka lebar. Oleh karena itu, ada 6 ide jualan di bulan Ramadan yang bisa anda terapkan, berikut daftarnya.

1. Katering untuk Buka atau Sahur

Bisnis katering bisa menjadi pilihan yang menguntungkan di bulan Ramadan. Banyak konsumen yang menghargai kenyamanan dan kemudahan dalam menyediakan hidangan berbuka puasa atau sahur. Terutama bagi individu yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu luang untuk memasak di rumah. Pastikan hidangan yang disajikan kaya akan nutrisi dan serat untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka dengan baik.

2. Frozen Food

Di samping katering, produk makanan beku atau frozen food juga merupakan opsi jualan yang menguntungkan. Bagi individu yang tetap menjalani rutinitas normal dan memiliki keterbatasan waktu untuk memasak, makanan beku dapat menjadi alternative yang praktis untuk hidangan berbuka atau camilan takjil.

3. Takjil

Pada bulan puasa, penjualan takjil merupakan ide bisnis yang umum dilakukan oleh banyak orang. Namun, jangan khawatir apabila produk tidak laku terjual, terutama jika Anda mampu menyajikan menu kreasi takjil yang unik dan berbeda setiap harinya.

Contohnya, es buah, minuman segar, bubur sumsum, kolak, dessert box, asinan buah atau sayur, roti, pastry, pudding, dan sebagainya.

4. Bumbu Siap Masak

Menjual bumbu siap masak juga dapat menjadi ide bisnis yang menarik. Produk ini pasti diminati oleh mereka yang menghindari kerumitan dalam menyiapkan bumbu sebelum memasak makanan berbuka atau sahur. Namun, yang perlu diingat adalah pastikan bumbu masak yang Anda sediakan selalu segar dan berkualitas untuk memberikan pengalaman masak yang optimal bagi konsumen.

5. Fashion Muslim

Penjualan pakaian muslim dan aksesorisnya adalah ide bisnis menguntungkan di bulan Ramadan. Anda bisa mengikuti tren fashion terbaru dan mempromosikan produk di berbagai platform penjualan. Jenis produk yang dicari meliputi gamis, tunik, baju koko, rok, celana kulot, hijab, dan aksesoris seperti bros dan scrunchies.

Dengan menyediakan beragam produk sesuai kebutuhan konsumen, peluang penjualan meningkat secara signifikan selama bulan Ramadhan.

6. Hampers dan Parcel

Selanjutnya, ide jualan yang tak kalah laris di bulan Ramadan adalah hampers dan parcel. Terutama jika Anda memiliki keahlian dalam membuat dekorasi bingkisan, hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Dengan menawarkan hampers dan parcel yang menarik serta sesuai dengan tema Ramadhan, Anda dapat menarik minat konsumen yang sedang mencari hadiah spesial untuk keluarga, teman, atau relasi bisnis mereka.

Dengan menyediakan berbagai pilihan produk dan desain yang kreatif, peluang sukses bisnis hampers dan parcel Anda semakin terbuka lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper