Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Dihargai Orang Lain? Lakukan 8 Sikap Ini di Kehidupan Sehari-hari

Jika ingin dihargai maka harus menghargai orang lain terlebih dahulu. Simak tips agar dihargai orang.
Ilustrasi/Briozone
Ilustrasi/Briozone

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang pasti ingin dihargai dalam hidupnya. Banyak cara yang dapat dilakukan agar sukses, salah satunya dengan memperhatikan sikap.

Sikap mempunyai peranan penting untuk menentukan seseorang dapat dihargai atau tidak. Ketika, seseorang mempunyai sikap tidak menghargai orang lain, akan menimbulkan penilaian negatif untuk dirinya.

Dilansir yourtango.com dan hackspirit.com, Selasa (5/3/2024), jika ingin dihargai maka harus menghargai orang lain terlebih dahulu.

Simak sikap agar Anda dihargai di lingkungan:

1. Tepat waktu

Waktu sangat berharga bagi setiap orang, penting untuk menghargai waktu yang telah diberikan orang lain, agar mereka bisa menghargai Anda. Jika, ingin dihargai orang lain maka harus mempunyai prinsip “Lebih baik datang lebih awal, daripada terlambat”. 

2. Jujur

Jika, ingin dihargai orang lain maka Anda harus bersikap jujur. Ketika, melakukan kesalahan jangan takut untuk mengatakan yang sebenarnya, karena tidak ada satu orang pun yang suka apabila dibohongi orang lain, mereka akan lebih memilih untuk mendengarkan fakta yang menyakitkan.

3. Empati

Banyak orang yang hanya memikirkan dirinya saja, tanpa memikirkan orang lain, hal ini akan membuat orang tidak menghargai Anda. Mulai sekarang, cobalah untuk memahami sudut pandang orang lain, tempatkan diri Anda pada posisi mereka. Mempunyai rasa empati, akan membuat Anda dihargai orang lain.

4. Percaya diri

Ketika, seseorang mempunyai rasa percaya diri, maka mereka tahu bagaimana dirinya, apa yang diinginkan, dan apa yang menjadi tujuan hidupnya. Menanamkan rasa percaya diri, akan membuat Anda dihargai orang lain, karena orang yang percaya diri mempunyai prinsip yang kuat dalam hidupnya.

5. Menghormati batasan

Tidak semua orang suka apabila kehidupan pribadinya diketahui orang lain. Oleh karena itu, orang akan membuat batasan dalam menjalin hubungannya. Namun, banyak orang yang melanggar batasan itu, sehingga mempengaruhi hubungan yang terjalin. Jika, ingin dihargai orang lain maka harus menghargai batasan yang mereka buat. Berikut cara untuk menghormati batasan orang lain:

1. Jangan mengganggu ranah pribadinya 

2. Jangan pernah memaksa orang lain untuk melakukan sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman

3. Jangan memaksa orang untuk menceritakan sesuatu, ketika mereka belum siap

4. Jangan mencampuri urusan pribadi mereka

6. Mendengarkan orang lain

Ketika, terlibat dalam sebuah obrolan, penting untuk mendengarkan orang lain. Semua orang akan merasa terhormat, ketika apa yang mereka katakan didengarkan dan disambut dengan baik. Oleh karena itu, mendengarkan orang lain akan membuat Anda lebih dihargai. Berikut cara yang dapat dilakukan saat mendengarkan orang lain:

1. Berikan perhatian penuh pada mereka

2. Lihat kontak mata saat melakukan obrolan

3. Berikan pertanyaan dan jawaban dari yang mereka katakan

7. Mempraktikan apa yang dikatakan

Tidak akan ada yang suka apabila berhadapan dengan orang munafik, yakni apa yang dikatakan tidak sesuai dengan tindakan yang dilakukan. Bagi, Anda yang ingin dihargai orang lain, maka jagalah perilaku agar bisa tetap selaras dengan yang dikatakan.

8. Dapat diandalkan

Ketika, ada orang lain yang merasa bahwa Anda adalah orang yang dapat diandalkan, maka mereka tidak akan ragu untuk mendatangi Anda saat mereka berada dalam kesulitan. Menjadi orang yang dapat diandalkan, dapat membuat orang lain menghargai Anda, karena mereka merasa berhutang budi atas pertolongan yang diberikan. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper