Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Perempuan Internasional, 3 Womenprenuer Lokal Beberkan Kunci Sukses Berbisnis

3 pengusaha perempuan di tanah air membagikan kisah inspiratifnya
Yenny Kusuma Hendra adalah founder dari Kumala Home yang bergerak untuk penjualan peralatan dapur beberkan kunci sukses usahanya/istimewa
Yenny Kusuma Hendra adalah founder dari Kumala Home yang bergerak untuk penjualan peralatan dapur beberkan kunci sukses usahanya/istimewa

2. Yenny Kusuma Hendra

Yenny Kusuma Hendra adalah founder dari Kumala Home yang bergerak untuk penjualan peralatan dapur. Pada awalnya, Yenny terinspirasi dari bisnis keramik yang dikelola keluarganya.

Yenny menyebutkan banyak produk-produk Indonesia yang di ekspor menggunakan brand pihak lain. Menurutnya dengan melimpahnya sumber daya alam di Indonesia harus dimanfaatkan secara maksimal oleh orang Indonesia itu sendiri sebagai langkah memperkenalkan produk-produk asli buatan dan produksi Indonesia.

“Sebeneranya kita ini di Indonesia ini sangat kaya sekali dengan kandungan mineral dan sebagainya. Boleh dikata kualitas keramik kita sangat mumpuni dibandingkan negara lain,” kata Yenny.

Terlebih, dia merasa banyak sekali para pengrajin keramik yang tidak dapat menyesuaikan kebutuhan pasar hingga akhirnya tidak dapat diberdayakan secara maksimal.

Yenny yang sudah memiliki fashion berwirausaha pun melakukan upaya untuk melakukan pengembangan produk sesuai kebutuhan pasar.

“Banyak sekali pengrajin di daerah yang mereka ga punya kemampuan untuk mendevlope desain trend market saat ini untuk anak-anak muda. Dan mereka tidak memiliki kemampuan untuk distribusi secara baik,” jelasnya.

Yenny mulai mendevelop dan menggandeng para pengrajin keramik agar mampu menghasilkan produk kebutuhan rumah tangga dengan nilai yang ekonomis di pasaran.

3. Anita Hartono

Siapa yang tidak asing dengan produk olahan teh fermentasi bernama Kombucha? Yap, Anita Hartono adalah salah satu founder dari Kombucha yang menjual produk teh fermentasi tersebut..

Pada awalnya dia membuat kombucha untuk kebutuhan diri sendiri karena sudah lebih dari 20 tahun dirinya bergantung dengan obat pelangsing. Hal itu lantaran Anita memiliki masalah pencernaan yang menyulitkan dirinya untuk Buang Air Besar (BAB).

Bahkan Anita sempat mengalami bullying saat duduk dibangku SD, tepatnya di kelas balet, di mana dirinya tidak selangsing peserta lainnya. Pada 2021, dia mendapatkan resep membuat kombucha dari sahabatnya dan setelah menginsumsi secara rutin, dia merasakan efek yang signifikan.

“Setelah banyaknya obat yang telah saya coba ini tuh yang paling bener-bener paling alami dan saya langsung ngerasain manfaatnya. Seiring berjalannya waktu permasalah-permasalahan pencernaan saya selesai, permasalahan mental saya selesai, dan perlahan saya harus menebarkan kebaikan ini ke lebih banyak wanita lagi,” kata Anita.

Anita ingin menebarkan banyak edukasi kepada para wanita yang memiliki permasalahan kesehatan yang sama dengan dirinya. Tak hanya itu, melalui laman instagranya, dia selalu memberikan edukasi kesehatan yang dibantu oleh para dokter.

Dia juga memberikan lapangan pekerjaan kepada 50% anak yatim/perantau, dan wanita. Pemberdayaan ini dimaksudkan agar memberikan peluang masa depan yang cerah bagi para karyawannya. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper