Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Miliarder Pemilik LC Waikiki yang Gerainya Banyak Tutup di Indonesia

LC Waikiki dimiliki oleh pengusaha asal Turki, Mustafa Kucuk, dengan kekayaan US$2 miliar.
LC Waikiki/business.com
LC Waikiki/business.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Toko pakaian asal Prancis, LC Waikiki dikabarkan menutup sejumlah outletnya di Indonesia, seperti di Jakarta dan Surabaya. Namun, belum jelas apakah toko ini akan hengkang dari Indonesia. 

Mengutip berbagai sumber, LC Waikiki di Gandaria City dikabarkan akan ditutup dalam berapa hari lagi. Sedangkan gerai lainnya seperti di Lippo Mall Puri juga sudah lama tutup.

Di daerah lain, seperti di Tunjungan Plaza Surabaya dan Pesona Square Depok juga dikabarkan sudah tutup.

LC Waikiki pertama kali dibuka di Indonesia pada 2017 lalu. Merek ini membuka gerai pertamanya di Gandaria City, Jakarta.  Perusahaan tersebut awalnya didirikan di Paris, Prancis, pada 1988, oleh desainer Perancis Georges Amouyal dan rekannya.  

Mereka memberi nama “Waikiki”, mengacu pada Pantai Waikiki yang terkenal di Hawaii dan “LC” yang merupakan huruf pertama dari "Les Copains" yang berarti “teman” dalam bahasa Prancis.

Hampir sedekade kemudian, pada 1997 LC Waikiki resmi menjadi merek Turki, setelah diakuisisi oleh kelompok yang didirikan oleh Mustafa Kucuk dan Sefik Yilmaz Dizdar, yaitu Tema Group. 

Kelompok tersebut kemudian melakukan penelitian tentang cara membuat merek sendiri, hingga pada 2000 jumlah toko mereka berhasil meningkat. Sejak tahun 2000 LC Waikiki telah menjadikan dirinya merek ritel terkemuka dengan hanya membuka tokonya sendiri. 

Semakin besar, pada 2009 LC Waikiki memulai investasi di luar negeri. LC Waikiki membuka toko internasional pertamanya, di Rumania.

Sampai pada 2011 LC Waikiki berhasil menjadi pemimpin di industri pakaian siap pakai di Turki. Selain itu, Tema Group kemudian mengubah namanya menjadi “LC Waikiki Retailing Services". 

Pada 2014, jumlah toko LC Waikiki di luar negeri telah mencapai 100. Dengan ekspansinya yang semakin besar, LC Waikiki bertujuan menjadi salah satu dari tiga toko tersukses di Eropa. 

Tak hanya buka cabang di Eropa, LC Waikiki juga mulai merambah ke benua berbeda. Pada 2017, LC Waikiki membuka dua toko berturut-turut di negara baru, di Indonesia dan Kenya. 

Setahun kemudian LC Waikiki juga menerima 3 penghargaan dari satu-satunya organisasi penghargaan independen di dunia Mercury Excellence Awards.

Kemudian, pada 2019, LC Waikiki mulai membuka hingga 500 toko di luar negeri. LC Waikiki membuka toko pertamanya di Kroasia, Palestina, Malta dan Kongo. 

Profil Pemilik LC Waikiki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler