Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kekayaan Steve 'Woz' Wozniak, Jenius di Balik Apple yang Lebih Kaya dari Jeff Bezos

Mengintip kekayaan Steve Wozniak, yang bisa jadi orang terkaya dunia jika tetap menggenggam saham Apple.
Steve Wozniak/Reuters
Steve Wozniak/Reuters

Saat ini, Woz banyak menghabiskan waktunya tampil di depan umum dan memberikan pidato, termasuk pidato wisuda Mei 2024 di CU Boulder, sebuah universitas tempat dia menempuh pendidikan dikeluarkan pada 1969 karena meretas sistem komputer institusi tersebut untuk mengirim pesan lelucon. 

Dia juga mengerjakan berbagai proyek yang menarik seperti perusahaan data satelitnya Privateer, dan menjabat sebagai panelis/juri/investor di acara TV realitas yang mendanai startup, “Unicorn Hunters.”

Setelah berpuluh-puluh tahun berlalu, berapakah nilai kekayaan insinyur legendaris dan pendiri Apple tersebut dan seberapa kekayaannya seandainya dia tetap memegang saham Apple miliknya?

Melansir berbagai sumber seperti Business Insider, dan Money Control, menyebutkan kekayaan bersih Wozniak sebesar US$140 juta.

Adapun, situs web Celebrity Net Worth, mematok kekayaan bersih Woz jauh lebih rendah, yaitu hanya US$10 juta.

Terlepas dari angka mana yang mendekati angka sebenarnya, satu hal yang pasti bahwa Wozniak akan jauh lebih kaya seandainya dia tetap mempertahankan saham Apple-nya lebih lama. 

Sebelum Apple go public pada akhir 1980, Wozniak dilaporkan memiliki sekitar 8,7% saham perusahaan. Namun, karena CEO Jobs menolak memberikan opsi saham kepada karyawannya sebelum IPO, Wozniak memutuskan untuk memberikan sebagian ekuitasnya kepada rekan-rekannya sebelum saham tersebut go public.

Ketika IPO terjadi, kepemilikan Woz di perusahaan tersebut adalah sekitar 7%, atau sekitar 3,98 juta saham, yang bernilai sekitar US$87,75 juta dengan harga saham IPO Apple sebesar US$22.

Pada awal 1985, Woz meninggalkan perusahaan dan menjual sebagian besar sahamnya, dengan menyatakan bahwa perusahaan tersebut dia memiliki arah yang berbeda dengan Apple.

7% saham Apple pada Januari 1985, ketika diperdagangkan dengan harga sekitar US$29 per saham, akan bernilai sekitar US$115.681.000, jadi mungkin nilai tersebut setara dengan nilai Woz setelah keluar dari perusahaan tersebut.

Melambung ke hampir 40 tahun kemudian, pada Mei 2024, dan 7% saham di Apple akan bernilai US$203,7 miliar. 

Seandainya dia tetap memegang saham Apple pada tahun 1980, jumlah ini akan menjadikan Wozniak orang terkaya kedua di dunia setelah Bernard Arnault, lebih kaya dari Jeff Bezos, Elon Musk, dan Mark Zuckerberg.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper