Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbandingan Harga Franchise Kopi Kekinian, Termurah Mulai dari Rp75 Juta

Pilah-pilih franchise kopi kekinian yang banyak disukai, harga mulai dari Rp75 juta
Kopi Fore/fore coffee
Kopi Fore/fore coffee

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun sudah semakin menjamur dan semakin banyak merek baru bermunculan, usaha kopi masih menjadi salah satu pilihan untuk mendulang cuan. 

Pasalnya, minum kopi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia kebanyakan, mulai dari untuk menghilangkan rasa kantuk atau sekadar untuk dinikmati ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. 

Berjualan kopi kini juga sudah tidak sulit lagi, selain karena banyak varian yang tersedia sehingga bisa merangkul lebih banyak pelanggan, bantuan dari ojek online juga membuat pembeli lebih mudah menjangkau bisnis kopi Anda.

Saat ini, dengan banyaknya merek-merek kopi di Indonesia, Anda tak perlu lagi membuat brand baru dan berusaha dari nol untuk memasarkan produk, tinggal ikut waralaba atau franchise produk yang sudah terkenal. 

Berikut ini daftar merek kopi yang membuka kemungkinan untuk franchise beserta harganya:

1.  Foresthree Coffee

Anak-anak Gen Z dan milenial pasti sudah tidak asing dengan merek kopi satu ini, yang merupakan milik artis terkenal, Deva Mahendra pada 2016. 

Menariknya, yang membuat merek kopi susu ini berbeda dengan kopi susu lainnya karena menyuguhkan kopi dengan campuran topping seperti es krim, cokelat, dan lainnya, dengan harga terjangkau. 

Untuk membuka bisnis Foresthree Coffee, calon mitra bisa menyiapkan dana mulai dari Rp150 juta. Dengan harga tersebut calon mitra akan mendapatkan fasilitas mesin kopi, peralatan masak, sistem, pelatihan, branding, dan desain interior.

Namun, Anda tetap harus menyiapkan alokasi dana lebih untuk sewa lokasi, bahan baku, dan juga biaya pegawai.

2.  Tomoro Coffee

Salah satu brand kopi pendatang baru yaitu Tomoro Coffee juga membuka kesempatan untuk bermitra, dengan menawarkan paket kemitraan selama 3 tahun dengan keuntungan yang menjanjikan.

Berdasarkan unggahannya di Instagram, Tomoro Coffee saat ini sudah memiliki lebih dari 300 gerai di seluruh Indonesia, dan sedang terus berekspansi tak hanya di Indonesia tapi juga di negara-negara lainnya di Asia. 

Tomoro Coffee membuka kemitraan dengan model Business Partnership dan menjanjikan perkiraan laba bersih sekitar Rp56 juta per bulan jika berhasil menjual 300 cup kopi per hari. Adapun, beberapa sumber menyebut modal kemitraan Tomoro bisa mencapai Rp1 miliar.  

Untuk ikut bermitra, calon mitra bisa menghubungi kontak Tomorro untuk mengetahui harga franchise dan informasi lebih lengkapnya.

3. Fore Coffee

Merek kopi satu ini juga sudah semakin banyak hadir di mana-mana, menawarkan berbagai varian kopi yang creamy dan varian lainnya seperti matcha dan cokelat dengan rasa yang premium. 

Didirikan sejak 2018, brand kopi ini juga tak hanya menghadirkan kopi tapi juga membawa nilai untuk menjaga lingkungan dan daur ulang. 

Untuk bisa bermitra, calon mitra bisa mengunjungi laman resmi fore.coffee/id/ dan pilih Collaboration. Kemudian, isi data untuk bisa bermitra dengan Fore Coffee. 

Menurut beberapa sumber, Fore Coffee membuka kemitraan dengan harga mulai dari Rp200 juta - Rp1 miliar untuk mendapatkan full service seperti peralatan kopi, bahan baku dan sebagainya. 

4. Kedai Kopi Kulo

Kedai Kopi Kulo telah hadir sejak 2017, di tengah booming-nya kopi susu. Berada di bawah naungan Kulo Group, Kopi Kulo sampai kini sudah memiliki lebih dari 300 gerai di seluruh Indonesia. 

Salah satu yang menjadikan Kopi Kulo beda dengan yang lainnya adalah menu avocatto sebagai menu andalannya, yaitu minuman kopi yang dicampur dengan jus alpukat dan eskrim. 

Untuk harga franchisenya, calon mitra bisa menyiapkan dana mulai dari Rp200 juta hingga Rp300 juta untuk konsep yang minimalis. 

5. Kopi Lain Hati

Brand kopi lainnya yang didirikan oleh artis, Kopi lain Hati merupakan milik aktris Ririn Ekawati yang cukup ternama dan sudah punya lebih dari 500 gerai di seluruh Indonesia. 

Yang membuat kedai kopi ini unik adalah karena menunya menggunakan nama yang unik seperti es kopi gemas, es kopi lain hati, es kopi valakor, es kopi ketus, es kopi cemburu, es kopi sakit hati dan es cuek.

Mengutip proposal franchisenya, bisnis Kopi Lain Hati membuka kesempatan bermitra dengan harga mulai dari Rp75 juta dengan royaltee fee Rp1,5 juta per bulan untuk lisensi brand selama 3 tahun. 

Namun, calon mitra juga harus mempersiapkan anggaran lainnya untuk biaya perlengkapan sebesar Rp12 juta, bahan baku awal sebesar Rp17 juta, dan desain interior sebesar Rp30 juta. 

6. Kopi Soe

Kopi Soe juga merupakan salah satu bisnis franchise kopi terlaris di Indonesia, yang juga hadir di tengah booming kopi susu gula aren. 

Selain mengandalkan menu kopi susunya, Kopi Soe juga menawarkan menu unik seperti es susu rum-regal dengan harga terjangkau. 

Kopi Soe adalah sebuah brand kopi dengan konsep sajian yang jadul dan menjadi salah satu bisnis franchise terlaris di Indonesia.

Tapi alih-alih tidak seperti nama brand nya “Kopi Soe” menjadikan produk kopi sebagai rekomendasi, mereka justru menjadikan es susu rum-regal nya sebagai produk andalan.

Selain itu franchise kopi ini mengklaim lebih ramah lingkungan, 

Kini Franchise Kopi Soe sudah memiliki lebih dari 200 cabang di puluhan kota di Indonesia. 

Kopi Soe masih membuka kemitraan, namun brand itu membatasi di beberapa lokasi. Adapun, harga kemitraannya mulai dari Rp300 juta, termasuk biaya manajemen dan lisensi kemitraan selama 3 tahun.

7. Kopi Janji Jiwa

Franchise brand kopi Janji Jiwa juga menjadi salah satu yang paling laris di INdonesia. 

Kopi Janji Jiwa membuka sistem kemitraan di bawah naungan PT Luna Boga Narayan dan sudah membuka hingga lebih dari 900 gerai di Indonesia.

Mengutip proposal franchisenya, untuk bergabung dengan franchise Janji Jiwa, calon  harus menyediakan dana sebesar Rp150 juta – Rp200 juta.

Biaya ini juga sudah termasuk biaya lisensi dan modal sebesar Rp85 Juta dan termasuk sewa tempat, karyawan, peralatan dan lainnya. 

Namun untuk bermitra dengan Janji Jiwa, Anda juga harus memenuhi beberapa syarat di antaranya terkait dengan lokasinya yang harus strategis seperti di mall, bandara, atau stasiun.

Selain franchise kopi Janji Jiwa, Jiwa Group juga menawarkan kemitraan tanpa biaya, yaitu dengan menjual kopi keliling Sejuta Jiwa, kopi murah dengan harga mulai dari Rp10.000 per cup. 

Untuk bergabung menjadi mitra, pada pengemudi sepeda Sejuta Jiwa tinggal mendaftarkan diri tanpa perlu mengeluarkan modal. Penjual kopi Sejuta Jiwa bisa menjual sampai dengan 200 cup per hari.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper