Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Kekayaan Manoj Punjabi, Miliarder yang Bakal Akusisi Saham Net TV Rp1,65 Triliun

Sosok crazy rich Manoj Punjabi di belakang MD Entertainment yang bakal akuisisi Net TV senilai Rp1,65 triliun.
Manoj Punjabi/instagram
Manoj Punjabi/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Crazy Rich Manoj Punjabi disebut bakal mengakuisisi saham mayoritas PT Net Visi Media Tbk. (NETV) melalui perusahaan miliknya PT MD Entertainment Tbk. (FILM). 

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis FILM, Kamis (29/8/2024), perseroan telah menandatangani persetujuan untuk mengakusisi 80,05% saham PT Net Visi Media Tbk. (NETV) dengan total nilai transaksi sebesar Rp1,65 triliun. 

Adapun, dari perincian transaksi tersebut FILM akan menggelontorkan Rp1,26 triliun untuk menyerap 25,22 miliar saham seri baru, yang akan diterbitkan NETV dengan nilai nominal Rp50 per saham. 

FILM juga akan membeli 7,88 miliar saham Seri A NETV dengan nominal Rp200 per saham dari PT Teladan Investama (TI), PT Indika Inti Holdiko (IIH), dan PT Sinergi Lintas Media (SLM), yang mewakili 19,07% dari modal ditempatkan senilai Rp394,44 miliar.

Sebagai salah satu sumber dana untuk membiayai transaksi tersebut, FILM bakal menggelar penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement. Dalam aksi korporasi ini, PT Permata Surya Gitatama dan PT TI akan mengambil bagian dari saham baru yang diterbitkan FILM senilai Rp661,9 miliar.

Sosok Crazy Rich di Balik FILM

Miliarder dengan nama lengkap Manoj Dhamoo Punjabi itu merupakan pria kelahiran Jakarta, 7 Desember 1972. Dia resmi menjadi salah satu miliarder di Indonesia sejak 2022. 

Saat ini, Forbes menunjukkan total nilai kekayaan bersih yang dimiliki ditaksir mencapai US$2,1 miliar atau sekitar Rp32,42 triliun hingga Kamis (29/9/2024).

Sumber kekayaannya salah satunya dengan menjadi pemegang saham perusahaannya, MD Entertainment dengan kode saham FILM. 

Menurut data RTI sampai dengan 31 Juli 2024, Manoj memegang saham perseorangan terbesar sebanyak 17,83% atau 1.696.162.615 lembar saham. Sementara, pemegang saham terbesar lainnya adalah PT MD Global Investments sebesar 50,50% yang sahamnya dimiliki oleh Manoj sampai 99,97% dan masyarakat menggenggam 16,83%. 

Besar di Jakarta, Manoj menempuh pendidikan tinggi dan mendapatkan gelar sarjana di bidang pemasaran dan keuangan dari IEU School of Business, yang sekarang telah menjadi Universitas Esa Unggul pada 1993. 

Pada 2002, dia mendirikan MD Pictures bersama istri dan orang tuanya. Awalnya, perusahaan tersebut diberi nama MD Media. Namun kemudian berganti menjadi MD Entertainment pada 3 April 2009.  

Awalnya perusahaan tersebut mengembangkan produksi film, tapi juga produksi musik dan animasi. Namun, lambat laun, seiring dengan perkembangannya, grup MD mengelola usaha restoran, properti film, investasi dan lain-lain. 

Manoj mengantarkan perusahaan tersebut menjadi perusahaan publik dengan melantai di Bursa Efek Indonesia pada 25 Juli 2018.

Pada semester I/2024, perusahaan milik Manoj tersebut juga mencatatkan kinerja optimal dengan meraup laba sampai Rp77,19 miliar, naik 24,36% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler