Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan TKI Korsel Dilatih Jadi Wirausaha

Mantan TKI yang bekerja di Korea Selatan dilatih menjadi wirausaha.

 

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM melaksanakan pelatihan peningkatan vocational kepada tenaga kerja Indonesia di Korea Selatan yang diarahkan menjadi wirausaha baru setelah mengakhiri masa kontraknya di negeri ginseng tersebut.

Prakoso Budi Susetio, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan pelatihan vocational kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan merupakan tindaklanjut kesepakatan dua lembaga pemerintah.

”Yakni antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Kerja sama itu dengan Nomor 05/NKB/M.KUKM/II/2011 dan B.19/KA/II/2011,” katanya kepada Bisnis hari ini, Kamis (7/11/2013).

Intinya, tentang pengembangan kewirausahaan bagi calon tenaga kerja Indonesia, tenaga kerja Indonesia, tenaga kerja Indonesia purna melalui program pemberdayaan  koperasi dan usaha kecil menengah (KUKM).

Hasil penting dari pelaksanaan kegiatan tersebut, Kedutaan Besar RI untuk Korea Selatan menyambut baik kegiatan itu karena sejalan dengan program perwakilan pemerintah Indonesia di Korea Selatan.

Selama ini pihak KBRI, khususnya Kepala Staf Teknis Tenaga Kerja KBRI untuk Korea Selatan secara rutin mengadakan pelatihan keterampilan untuk menambah bekal keterampilan bagi TKI yang akan kembali ke Indonesia.

Bentuk partisipasi dari KBRI untuk Korea Selatan dengan menugaskan 4 orang staf. KBRI berharap pelatihan ini dilanjutkan pada tahun berikutnya dengan format dan tempat pelaksanaan di wilayah yang berbeda karena jumlah TKI di Korea Selatan cukup banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper