Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Kejar Target Wirausahawan Baru

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mencetak 1.000 wirausahaswan pada tahun 2015 untuk menyokong program pencetakan 100.000 wirausahawan baru dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mencetak 1.000 wirausahaswan pada tahun 2015 untuk menyokong program pencetakan 100.000 wirausahawan baru dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat Ferry Sofwan Arief mengatakan untuk mengejar target tahun 2015 itu, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan  Menengah (KUMKM) menjadi koordinator dibantu oleh 11 dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ferry menjelaskan proses seleksi calon wirausahawan baru itu telah dimulai sejak Kamis (27/11) hingga Selasa (2/12) mendatang.

“Pesertanya dari 27 kota dan kabupaten se-Jawa Barat, penyeleksiannya akan dilakukan pada 5 kota, yaitu Bogor, Purwakarta, Cirebon, Tasikmalaya, dan Bandung,” katanya kepada Bisnis, Jumat (28/11).

Menurut Ferry, proses seleksi di lima kota itu merupakan upaya perluasan peserta program sebab pada tahun sebelumnya seleksi hanya dilakukan di Kota Bandung.

Ferry mengatakan, target tahun 2015 tersebut jauh lebih banyak dari tahun 2014 yang telah melatih dan mencetak 150 orang wirausahawan baru. Peserta pelatihan tahun 2014 nantinya akan diberikan reward  pada akhir tahun ini oleh Pemprov Jabar.

Dia menjelaskan untuk mencapai tahap akhir program, peserta akan menjalani proses sebanyak tiga tahap.

“Tahap pelatihan pertama berupa pelatihan kewirausahaan dan pembentukan kelompok usaha, tahap kedua penyusunan proposal, dan tahap ketiga peserta akan magang pada pelaku usaha yang sudah berhasil sebagai pendamping. Semua dilakukan selama tujuh hari,” ungkapnya.

Pada prosesnya, katanya, para peserta dilatih dengan mengarahkan mereka ke berbagai jenis usaha, seperti usaha kelompok makanan, minuman, alas kaki, anyaman, konveksi, dan online. Para peserta dibebaskan memilih kelompok usaha sesuai minat.

Ferry menyebutkan nama-nama peserta yang terpilih akan mendapatkan bantuan modal Kredit Cinta Rakyat di Bank BJB.

Dia mengatakan warga yang ingin menjadi peserta dapat mendaftar secara online atau mendaftar langsung ke dinas yang berada di Bogor, Purwakarta, Cirebon, Tasikmalaya, dan Bandung.

Proses pendaftaran pun cukup sederhana, yaitu dengan mengisi formulir, menyerahkan fotokopi KTP sebagai WNI dan surat keterangan sehat.

Adapun persyaratan bagi peserta antara lain telah berusia 18 tahun sampai usia 50 tahun atau masuk pada rentang usia produktif.

Untuk pendidikan terakhir, diberikan kesempatan pada warga yang hanya memiliki ijazah SMP.

“Ini merupakan suatu terobosan untuk menambah angka wirausahawan, karena pada tahun sebelumnya syaratnya adalah minimal berijazah SMA. Hal tersebut juga disesuaikan dengan pedoman umum pencetakan wirausahawan baru,” ucap Ferry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper