Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELUANG BISNIS: Raup Untung dari Bisnis Online Tanaman

Bibit tanaman hias yang bermutu menjadi salah satu faktor pendukung tanaman hias yang berkualitas dan bertahan lama. Untuk mendapatkannya, sekarang tak perlu repot, karena semuanya sudah bisa didapatkan secara online.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bibit tanaman hias yang bermutu menjadi salah satu faktor pendukung tanaman hias yang berkualitas dan bertahan lama. Untuk mendapatkannya, sekarang tak perlu repot, karena semuanya sudah bisa didapatkan secara online.

Salah satu pelaku usaha yang menjual bibit tanaman hias secara online adalah Steve Stanley pemilik toko onlinekebunbibit.id. Pria yang berdomisili di Malang itu telah mengawali bisnis onlinenya sejak 2012.

Saat ini, dia menjual lebih dari 3.000 jenis bibit tanaman, mulai dari biji-bijian yang dibanderol dari harga Rp5.000, berbagai macam pot berharga puluhan ribu, hingga bonsai seharga Rp10 juta-an.

Semua tanaman yang dijual di kebunbibit.id dijamin kualitasnya, karena telah melewati tiga tahapan, yakni dari pemilihan bibit unggul, proses perawatan sebelum pengiriman kepada konsumen, hingga proses edukasi setelah tanaman sampai kepada pembeli.

“Semua produk ada penjelasannya di website, juga dilampirkan petunjuk perawatan di setiap paket produk yang dikirimkan ke konsumen,” katanya.

Kebun Bibit juga memberikan garansi tanaman hidup selama 14 hari setelah paket diterima, juga garansi spesies dan kultivar. Misalnya, jika konsumen memesan bunga kuning, tetapi saat berbunga ternyata merah, maka akan diganti dan tanaman akan dikirim ulang tanpa biaya tambahan.

“Tanaman yang rusak dan patah lebih dari 50% juga akan dikirim ulang, jadi tidak perlu khawatir kalau tanaman yang dibeli mati,” paparnya.

Selain itu, bibit tanaman yang dijual Kebun Bibit rata-rata merupakan hasil budi daya sendiri. Ada dua kebun yang menjadi lokasi produksi bibit, yakni di Batu, Malang untuk tanaman dataran tinggi, dan di Bojonegoro untuk tanaman dataran rendah.

“Untuk tanaman mahal semuanya kami produksi sendiri, sedangkan untuk jenis umum dan murah kami pasok dari mitra binaan," paparnya.

Steve mengatakan pemain pemula yang masuk dalam bisnis tanaman hias kebanyakan memilih jenis tanaman hias bunga, terutama mawar. Kebun Bibit sendiri menyediakan lebih dari 50 varietas mawar yang dibanderol mulai dari harga Rp15.000.

Sementara itu, dia merekomendasikan tanaman hias dari jenis anthurium dan philodendron, karena perawatannya yang cenderung lebih mudah dan daya tahan tanaman yang lebih lama.

Saat ini, bisnis yang diawali dari keisengannya menjual koleksi tanaman via aplikasi chatting dan media sosial tersebut mampu meraup omzet hingga Rp400 juta per bulan.

Dalam sehari, dia bisa mengirim lebih dari 200 paket tanaman ke seluruh Indonesia, sedangkan sasaran pasarnya adalah para pemula yang tengah mencoba berkebun dengan kisaran umur 25 hingga 45 tahun.

Dia mengaku optimistis terhadap prospek bisnis yang berhubungan dengan tanaman, pasalnya berkebun merupakan salah satu hobi umum dan mulai menjadi gaya hidup di kota-kota besar. Untuk itu, dia pun tak segan untuk membagi-bagi vaucer dan tanaman gratis bagi para pemula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper