Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presentasi Bisnis, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Banyak cara untuk mengembangkan sebuah bisnis, misalnya dengan memperluas jaringan serta mencoba memikat investor melalui presentasi bisnis atau pitching.
vokal yang baik menjadi salah satu kunci sukses presentasi, ilustrasi/galleryhip.com
vokal yang baik menjadi salah satu kunci sukses presentasi, ilustrasi/galleryhip.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Banyak cara untuk mengembangkan sebuah bisnis, misalnya dengan memperluas jaringan serta mencoba memikat investor melalui presentasi bisnis atau pitching.

Muhammad Noer, pakar public speaking dan penulis buku Presentasi Memukau, menjelaskan sebuah presentasi termasuk pitching atau presentasi bisnis sudah menjadi standar komunikasi binis.

Tidak jarang, presentasi tersebut disampaukan kepada para pengambil keputusan, salah satunya investor. Biasanya waktu dan perhatian mereka terbatas, sehingga membutuhkan presentasi yang to-the-point.

“Banyak presentasi bisnis yang dibuat dengan penuh data malah membingungkan audiens. Memang terlihat sangat kompleks dan canggih, namun tidak membantu presenter menyampaikan pesan secara efektif,” katanya.

Untuk itu, sangat perlu mempersiapkan materi untuk presentasi dengan cara mengambil data, menganalisis dan membuat kesimpulan, sehigga audiens yang tidak terlalu mendalami analisis data dapat mengerti dengan mudah dan menarik kesimpulan dengan cepat dari apa yang disampaikan.

“Audiens sebenarnyahanya ingin dengan cepat mengambil kesimpulan, sehingga mereka dapat mengambil keputusan dengan benar,” imbuhnya.

Di samping masalah teknis konten dan informasi yang akan disampaikan, urusan penampilan dan cara penyampaian juga tak kalah penting. Ada beberapa hal yang harus diterapkan saat seorang presenter akan mempresentasikan bisnisnya kepada investor.

Vokal yang Baik

Suara harus terdengar jelas oleh audiens terjauh. Jika presentasi menggunakan mikrofon, pastikan suara yang keluar dari pengeras suara tidak terlalu keras sehingga menyakitkan telinga.

Saat berbicara, pastikan juga kata-kata yang keluar dari mulut jelas, intonasi yang baik dan tepat, serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens.

 

Antusias

Miliki semangat dan antusiasme, supaya penampilan saat pitching tampak hidup. Tunjukkan sebuah energi sehingga mampu memengaruhi orang lain. Suara tidak harus terdengar keras, tetapi harus memiliki kekuatan dari bagaimana pengucapan setiap kata yang jelas, kuat dan berwibawa.

 

Variasi

Intonasi yang datar saat penyampaian materi akan membosankan, sehingga dibutuhkan variasa dalam intonasi. Ada kalanya diperlukan berbicara lebih lambat untuk memberikan penekanan pada sebuah kata atau kalimat. Di sisi lain, ada kalanya perlu berbicara lebih ceat untuk menunjukkan semangat dan jiwa dinamis.

 

Jangan Bergumam

Satu masalah yang sering dimiliki oleh banyak presenter adalah bergumam atau menyebutkan kata-kata jeda yang tidak ada artinya seperti ‘hmmm’ atau ‘eeee’.

Bergumam ketika menyampaikan presentasi biasanya terjadi karena berpikir saat akan berbicara. Selain mengurangi kredibilitas, gumaman juga membuat audiens jenuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper