Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ETIKET MEDIA SOSIAL: 6 Hal Pantang Dilakukan

BISNIS.COM, JAKARTA—Media sosial seperti Facebook dan Twitter telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat saat ini. Namun Anda tetap harus berhati-hati dalam membagi informasi di dalam status media sosial, untuk menjaga reputasi Anda.Berikut

BISNIS.COM, JAKARTA—Media sosial seperti Facebook dan Twitter telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat saat ini. Namun Anda tetap harus berhati-hati dalam membagi informasi di dalam status media sosial, untuk menjaga reputasi Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang pantang dilakukan di media sosial.

1. Memulai konflik

Perang kata-kata sangat mungkin muncul di media sosial dan sebenarnya hal ini cukup sering terjadi, contohnya saja perkelahian antar seleb. Tapi kemudian apa yang terjadi? Yang ada mereka malah jadi bahan olok-olok pengguna media sosial yang lain, karena mengumbar perkelahian di forum umum.

2. Curhat masalah pribadi

Memang, saat ini media sosial dijadikan semacam buku harian untuk para pemiliknya. Tapi Anda juga harus membatasi curhat masalah pribadi di Facebook atau Twitter. Terus-terusan bercerita soal kesedihan, kemarahan, atau mengeluh akan berbagai hal hanya akan membuat reputasi Anda buruk.

3. Mengejek orang lain dan menyebut namanya

Lewat tag dan mention, Anda bisa menyebut nama seseorang dan menuliskan pesan untuknya di muka umum. Tapi jika Anda malah mengejeknya dengan harapan menjatuhkan reputasinya, Anda malah melakukan hal yang sama pada diri sendiri. Kalaupun Anda membenci seseorang, atasi setiap permasalahan dengan cara pribadi. Membawa permasalahan ke depan umum, hanya menunjukkan sikap kekanak-kanakan.

4. Menjelekkan orang lain tanpa menyebut nama

Ada juga orang yang terbiasa menulis “no mention”, tapi kemudian menjelek-jelekkan pihak tertentu. Hal ini juga sangat menganggu dan bisa merusak reputasi, karena orang lain akan melihat Anda sebagai orang yang hanya berani bicara di belakang.

5. Berbagi foto pesta gila-gilaan

Anda mungkin dikenal sebagai si penggila pesta, tapi batasi juga penyebaran foto pesta gila-gilaan Anda di media sosial. Bukan tidak mungkin, atasan atau manajemen perusahaan melihatnya dan merasa Anda tidak sesuai dengan budaya kantor.

6. Bersikap terlalu ekstrem

Sah-sah saja jika Anda punya pandangan agama dan politik tertentu. Tapi bersikap terlalu ekstrem dengan mengagung-agungkan pendapat Anda kemudian menjatuhkan opini orang lain, sama saja merusak reputasi Anda sendiri. (lt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Andhina Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper