Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MODAL USAHA: 2.160 Wirausaha Pemula Berpeluang Dapat Rp25 Juta/Orang

BISNIS.COM, JAKARTA--Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun ini mengalokasikan modal usaha atau startup capital bagi wirausaha pemula yang ditargetkan mencapai 2.160 orang dari 33 provinsi Indonesia.
Mulia Ginting Munthe
Mulia Ginting Munthe - Bisnis.com 20 Mei 2013  |  08:30 WIB
MODAL USAHA: 2.160 Wirausaha Pemula Berpeluang Dapat Rp25 Juta/Orang
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun ini mengalokasikan modal usaha atau startup capital bagi wirausaha pemula yang ditargetkan mencapai 2.160 orang dari 33 provinsi Indonesia.

Meliadi Sembiring, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan dari seluruh jumlah itu sebanyak 1.500 di antaranya sudah menerima modal usaha melalui program Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2013 pada Maret.

Sejumlah 660 calon wirausaha lainnya yang ditargetkan lahir berasal dari wirausaha pemula daerah. Tepatnya dari 33 provinsi melalui sosialisasi yang dilakukan Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia dari instansi yang sama.

”Bantuan dana yang diterima calon wirausaha pemula sebagai modal awal usaha diperuntukkan khusus bagi usaha-usaha produktif. Sedangkan jumlah modalnya maksimal Rp25 juta,” ujar Meliadi Sembiring kepada Bisnis, Minggu (19/5/2013).

Deputi Bidang Pengembangan SDM sebagai penanggungjawab program, tetap bertugas mensosialisasikan gerakan kewirausahaan.

Kemudian Deputi Bidang Pembiayaan menyediakan permodalan awal yang bersumber dari dana bantuan sosial.

Menurut Meliadi, prosedur penetapan calon wirausaha pemula di daerah dimulai demean pengajuan calon, dan kemudian diseleksi Deputi Bidang Pengembangan SDM. Tahap berikutnya ada;ah seleksi danverifikasi calon wirausaha.

Selanjutnya hasil seleksi disampaikan kepada Dpeuti BIdang Pembiayaan untuk ditetapkan sebagai peserta program yang akan menerima startup capital.

Finalnya seluruh calon wirausaha dari daerah dituangkan dalam surat keputusan oleh Deputi Bidang Pembiayaan.

”Penyediaan dana yang diberikan kepada mereka, dengan satu ketentuan, yakni skala usaha mikro dan kecil. Artinya, peserta adalah wirausaha pemula dan calon wirausaha pemula yang akan merintis usahanya,” tutur Meliadi Sembiring.

Meski Deputi Pembiayaan untuk sementara menetapkan target wirausaha pemula sebanyak 660 orang, akan tetapi Deputi Bidang Pengembangan SDM, Prakoso Budi Susetio mengatakan, tetap berupaya meningkatkan targetnya lebih dari itu.

”Kami berupaya melakukan pendekatan dengan pemerintah daerah agar jumlah wirausaha di daerah mereka lebih besar dari target pemerintah. Jadi, kemungkinan ada partisipasi pembiayaan dari pemerintah daerah,” ungkap Prakoso.(yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha modal usaha gkn modal usaha
Editor : Yoseph Pencawan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top