Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SPG Makin Diandalkan Pacu Penjualan Produk

BISNIS.COM, JAKARTA--Strategi marketing perusahaan sebuah produk saat ini memang sudah kreatif.

BISNIS.COM, JAKARTA--Strategi marketing perusahaan sebuah produk saat ini memang sudah kreatif.

Perusahaan kini lebih memanfaatkan jasa layanan sales promotion girl (SPG) yang bisa membuat calon pelanggan 'terhipnotis'.

Cara yang dilakukan SPG menarik pelanggan yaitu dengan biasanya dengan sedikit rayuan dan tentunya penampilan seksi.

Sebagian perusahaan pun tak tanggung-tanggung memberikan reward bagi para SPG yang berhasil mencapai target selling produknya.

Yurika Alex, koordinator Red Management Agency menuturkan reward yang diberikan perusahaan biasa dilakukan jika memang para SPG berprestasi dan atraktif menarik pelanggan.

Dia memberikan contoh, ketika sebuah perusahaan properti menyewa jasanya, beberapa SPG mendapat semacam hadiah dari perusahaan.

"Intinya perusahaan memberikan bonus saja. Kebetulan dulu mereka [SPG] diberikan beberapa gajet seperti iPhone dan lain-lain," ujarnya.

Fanny Nugraha, Co-Founder Synergy Link Agency dari situs www.synergylinkagency.com, mengatakan sejauh ini pihaknya belum mendapatkan sebuah bonus yang begitu berarti dari klien.

Jika pun ada, beberapa SPG hanya diajak sekadar makan bersama setelah pekerjaan selesai. Sifatnya lebih sebagai ucapan terimakasih.

"Memang dulu saat kami kerja sama dengan perusahaan gajet, dalam sebuah pameran, klien memberikan bonus ke SPG, tapi bukan berbentuk uang. Pemberian Itu lebih ke diskon," ungkapnya.

Dia mengatakan, kalau pun perusahaan memberikan reward, pihaknya bakal langsung memberikan kepada para SPG, karena mereka, sambungnya yang lebih berhak menerima semua itu.

Lalu bagaimana para agency ini bersaing dan berlomba-lomba menarik klien? Tidak bisa dipungkiri, bisnis agency jasa layanan SPG atau usher ini memang cukup menjanjikan. Terbukti hampir di setiap kota selalu saja terdapat agency jasa layanan SPG berdiri.

Wahana Agency misalnya, menyiapkan segala cara melalui promosi internet. Salah satu agen SPG terbesar di Indonesia ini membuat situs yang mudah dicari. Shandy Ayu, koordinator Wahana Agency mencontohkan dengan sistem serba klik seperti saat ini, klien pasti terlebih dahulu mencari jasa layanan via internet.

"Kami siapkan situs-situs tentang SPG. Misal, bagi klien asal Surabaya ingin mencari jasa SPG, mereka tinggal klik saja 'SPG Surabaya' di situ pasti yang muncul pertama adalah situs kami 'spgsurabaya.com'. Artinya di setiap kota, Wahana sudah bikin situs sendiri sesuai nama kotanya," ujar Shandy.

Dia menilai upaya tersebut cukup efektif karena memudahkan bagi para klien yang ingin melihat-lihat terlebih dahulu seperti apa SPG yang tersedia. Dengan banyak membuat alamat situs seperti itu, Wahana Agency mengklaim para klien sudah biasa datang dengan sendirinya.

Fanny Nugraha menambahkan, pihaknya sendiri lebih menggunakan cara jemput bola kepada para klien.

Pihaknya menempuh secara prosedural seperti menyodorkan proposal. Selain itu, proses networking yang sudah dibangun sejak lama juga membantu pihaknya mendapatkan klien.

"Tentunya promosi melalui situs pasti ada, tetapi biasanya kami lebih menggunakan kenalan dan jaringan untuk merebut klien,” katanya.  (ra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper