Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat Sukses Bermitra Ala Ciputra

Bisnis.com, JAKARTA – Pengertian kemitraan secara konseptual, tulis Ciputra di ciputraentrepreneurshi, adalah adanya kerja sama antara usaha kecil dengan usaha menengah atau dengan usaha besar disertai oleh pembinaan dan pengembangan berkelanjutan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengertian kemitraan secara konseptual, tulis Ciputra di ciputraentrepreneurshi, adalah adanya kerja sama antara usaha kecil dengan usaha menengah atau dengan usaha besar disertai oleh pembinaan dan pengembangan berkelanjutan oleh usaha menengah atau besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, memperkuat dan menguntungkan.

Saling memerlukan berarti bahwa pengusaha memerlukan pasokan bahan baku dan pemasaran sarana produksi peternakan memerlukan adanya bimbingan dan penampungan hasil.

Saling memperkuat berarti peternak dan pengusaha sama-sama melaksanakan etika bisnis, sama-sama mempunyai hak dan kewajiban masing-masing dan saling membutuhkan sehingga memperkuat kesinambungan dalam bermitra. Saling menguntungkan berarti peternak ataupun pengusaha memperoleh peningkatan pendapatan disamping adanya kesinambungan dalam usaha.

Syarat satu lagi dari tips ini yang tidak boleh  dilupakan:

“Apa yang Anda lakukan ketika Anda berhubungan dengan mitra bisnis yang menurut Anda tidak dapat dipercaya? Hentikan saja. Suatu rasa percaya tidak dapat dan tidak akan pernah dapat dibangun ulang. Tidak pernah. Walaupun mitra bisnis Anda berjanji tidak akan melakukannya kembali, tetapi ketika suatu rasa percaya Anda itu dilanggar, hal itu tak akan pernah dapat dikoreksi...” kata Ciputra mengutip pendapat Donald Trump. (ciputraentrepreneurship)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper