Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengumuman Penerimaan CPNS Paling Telat Hari Ini (12/9/2013)

Bisnis.com, JAKARTA - Semua kementerian dan lembaga pemerintah wajib membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) paling lambat hari ini (12/9/2013)."Selambat-lambatnya Kamis harus sudah dibuka pendaftarannya semua, karena pendaftaran

Bisnis.com, JAKARTA - Semua kementerian dan lembaga pemerintah wajib membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) paling lambat hari ini (12/9/2013).

"Selambat-lambatnya Kamis harus sudah dibuka pendaftarannya semua, karena pendaftaran paling lambat 20 September," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Eko Prasojo, Kamis (12/9/2013).

Untuk penerimaan CPNS 2013, Kementerian PAN-RB menyediakan lowongan sebanyak 65 ribu pegawai berdasarkan formasi yang diperlukan masing-masing kementerian-lembaga pemerintah dan pemerintah daerah.

"Sebenarnya semua wajib membuka, cuma saya lihat ada beberapa yang terlambat. Ini disebabkan ada beberapa yang perlu dikoreksi, syarat-syarat kompetensinya".

Penyelenggaraan penerimaan CPNS 2013 sudah mulai dibuka untuk beberapa kementerian dan lembaga pemerintah, dimana Kementerian PAN-RB menggandeng sejumlah instansi negara dalam persiapan tes seleksi.

Sebanyak 339 instansi pemerintah membuka kesempatan kerja sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang terdiri atas 69 kementerian dan lembaga pemerintah, 23 pemerintah provinsi dan 237 pemerintah kabupaten dan kota.

Untuk pelamar umum ada 65.000 lowongan yang terbagi 40.000 untuk pemerintah daerah dan 25.000 untuk instansi pusat.

Selain itu, seleksi CPNS untuk tenaga honorer Kategori 2 (K-2) ada 620 ribu lowongan, yang 218 ribu diantaranya akan diberi kesempatan untuk mengikuti tes pengangkatan sebagai pegawai negeri sipil.

"Pada 3 November nanti kami akan menggelar tes untuk pegawai honorer K-2 sebanyak 109 ribu lowongan, sementara 109 ribu sisanya untuk tahun 2014," jelasnya.

Sementara itu, sisa dari pegawai honore K-2 itu akan diberi kesempatan untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, jika rancangan undang-undang (RUU) Aparatur Sipil Negara (ASN) disahkan pada akhir masa sidang 2013.

Selain seleksi CPNS dari honorer K-2 dan jalur pelamar umum, ada tiga skema seleksi CPNS lain, yakni formasi khusus untuk dokter, tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi CPNS calon siswa ikatan dinas seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). (antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper