Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Jangan Ngibul

Harus punya proposal yang inovatif, yang tidak mungkin ditolak oleh bank, dan semua dapat dipertanggung jawabkan. Misalnya anda ingin bangun superblok. Dari segi market, produksi, desain, semua saat ditanya bank benar semua. Jangan ngibul.

Bisnis.com, JAKARTA - Persoalan yang paling memusingkan kepala para calon entrepreneur di Indonesia melulu persoalan modal. Beruntung bagi mereka yang mempunyai modal ketika akan memulai usaha. Namun, bagi mereka yang hendak mengembangkan usaha dan tidak memiliki modal, apa yang harus dilakukan?

Membangun kepercayaan pihak bank, bagi para entrepreneur, bukan hal mudah. Tidak semudah membalikkan tangan. Membutuhkan waktu. Di sisi lain, usaha yang akan dilakukan, sudah harus segera dieksekusi.

Ada banyak orang yang akhirnya frustasi, mereka mundur lantaran modal tak kunjung didapat. Bahkan, proposal yang sudah diajukan ke pihak bank, saat ditunggu-tunggu, jawaban yang positif tak kunjung datang. Proposal ditolak.

Lalu, apa yang ahrus dilakukan? Apa yang dibutuhkan oleh entrepreneur untuk meyakinkan pihak bank?

Bagia tokoh entrepreneur kita –Ciputra—ada solusi yang bisa dijadikan pegangan. Harus punya proposal yang inovatif, yang tidak mungkin ditolak oleh bank, dan semua dapat dipertanggung jawabkan. Misalnya anda ingin bangun superblok. Dari segi market, produksi, desain, semua saat ditanya bank benar semua. Jangan ngibul.

 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Fatia Qanitat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper