Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Way: Tiga Rahasia Sukses Entrepreneur

Banyak hal yang menjadi modal dasar bagi calon entrepreneur. Namun, di mata tokoh entrepreneur kita yang satu ini, Ciputra, cukup tiga. Isitilah kerennya: tiga rahasia kesuksesan seseseorang menajdi wirausahawan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak hal yang menjadi modal dasar bagi calon entrepreneur. Namun, di mata tokoh entrepreneur kita yang satu ini, Ciputra, cukup tiga.  Isitilah kerennya: tiga rahasia  kesuksesan  seseseorang  menajdi wirausahawan.

Kiat itu memang, sudah sejak lama ditanamkan pria kelahiran Parigi ini. Misalnya pada peresmian sesi kedua pembelajaran kewirausahaan dalam jaringan (daring) Universitas Ciputra Entrepreneurship Online (UCEO).

Keinginan, semangat dan keberanian mengambil risiko, tiga hal itu menjadi modal utama kewirausahaan, demikian pesan Ciputra.

Keinginan tentu menjadi hal dasar yang harus dimiliki seorang wirausahawan, agar usahanya dapat mencapai kesuksesan. Kemudian kalau dia punya semangat, gairah untuk bekerja keras itu menjadi hal lain yang dibutuhkan. Ketiga, berani mengambil risiko. "Itu  yang utama," ujarnya.

Selain tiga hal tersebut,  setiap wirausahawan harus memiliki kegigihan untuk terus menerus menganalisa rahasia-rahasia kesuksesan pengusaha lain.

"Saya sampai sekarang kalau melihat orang sukses, saya mau pelajari apa rahasianya. Anda perlu menganalisa terus bagaimana orang menjadi sukses, misalknya melalui seminar-seminar," ujarnya.

Kewirausahaan itu ilmu kehidupan, sebab tidak dipelajari di belakang meja tetapi turun ke lapangan langsung praktik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper