Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Tips Menjinakkan Perfeksionis: Jangan Biarkan Kesempurnaan Membunuh Potensi Anda

Banyak manusia terutama pimpinan yang perfeksionis, segala sesuatu ingin berjalan sempurna. Namun, seringkali perfeksionis justru membuat masalah bagi diri Anda sendiri.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak manusia terutama pimpinan yang perfeksionis, segala sesuatu ingin berjalan sempurna. Namun, seringkali perfeksionis justru membuat masalah bagi diri Anda sendiri.

Berikut ini, ulasan dari Kontributor Forbes Victor Lipman yang ahli dalam bidang manajemen dan lingkungan perusahaan, memberikan tips bagi Anda yang menjadi seorang perfeksionis agar tidak dirundung frustasi jika menghadapi sesuatu yang tidak seperti Anda inginkan.

1. Mengejar keunggulan, bukan kesempurnaan

Ada perbedaan besar jika Anda mampu membingkai usaha dengan cara ini. Keunggulan dicapai, kesempurnaan tidak. Keunggulan adalah tujuan yang mengagumkan, sedangkan kesempurnaan yang berpotensi merusak. Seperti definisi Psikologi saat ini, perfeksionis mungkin melihat kehidupan "sebagai rapor tak berujung pada prestasi."

Cobalah melihat diri sendiri melalui mata orang lain -Ironisnya adalah bahwa prestasi dari banyak orang yang perfeksionis. Mudah diucapkan daripada dilakukan, tapi jika Anda dapat menemukan perspektif untuk melihat diri Anda sebagai orang lain lakukan, itu akan menjadi lensa konstruktif untuk melihat melalui itu.

2. Langkah mundur dan ambil (memang layak) rasa bangga dengan apa yang telah Anda capai.

Istilahnya bersyukur. Langkah mundur dan ambil (memang layak) rasa bangga dengan apa yang telah Anda capai -Dan di mana sebenarnya yang Anda inginkan untuk fokus? Tidak diragukan lagi jika Anda seorang CEO, telah ada lebih dari beberapa untuk membawa Anda ke titik ini. Dibandingkan dengan sebagian besar dari kita yang lakukan, medali perunggu di Olimpiade, katakanlah , tampaknya hasil yang cukup menyenangkan.

3. Tertawa

Tertawa adalah obat yang baik, suasana hati berubah secara alami. Cari waktu jika Anda bisa untuk tidak mengambil sendiri terlalu serius dan jangan lupa untuk tertawa.

Jika Anda dapat menemukan lebih banyak waktu untuk melihat sesuatu yang humor dan "menikmati perjalanan" -itu sesuatu hal yang positif . "Jangan biarkan sempurna menjadi musuh bagi potensi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler