Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rachmat Gobel, Bos Panasonic, Terima Gelar Doktor HC dari Chuo University Jepang

Gelar Doktor HC untuk Rachmat Gobel diberikan karena Presiden Komisaris Panasonic Gobel Indonesia itu dinilai telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mempererat persahabatan Indonesia-Jepang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Rachmat Gobel (tengah) beserta istri (duduk) dan kedua anaknya/Bisnis.com
Rachmat Gobel (tengah) beserta istri (duduk) dan kedua anaknya/Bisnis.com

Bisnis.com, TOKYO - Pengusaha Rachmat Gobel, Komisaris Utama Panasonic Gobel Indonesia, menerima gelar Doktor Honoris Causa dar Chuo University, Tokyo, Senin (24/3/14).i 

Gelar Doktor HC untuk Rachmat Gobel itu diberikan karena Presiden Komisaris Panasonic Gobel Indonesia itu dinilai telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mempererat persahabatan Indonesia-Jepang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Penyerahan gelar kepada Rachmat yang juga Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang itu dilakukan oleh Acting Chancellor Chuo University  Akira Tohyama, disaksikan Presiden Chuo University Tadahiko Fukuhara. 

Rachmat, menjadi penerima gelar Doktor HC yang ke-17 dari Universitas Chuo, dan orang Indonesia pertama yang menerima gelar tersebut. Salah satu tokoh dunia yang pernah memperoleh gelar Doktor HC dari Universitas Chuo adalah Kofi Annan, yang diterima pada tahun 1995. Annan kemudian menjadi Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam pidato acceptance yang disampaikan sesaat setelah menerima gelar itu, Rachmat menguraikan tren utama dalam perekonomian global dan Asia, serta dampaknya terhadap hubungan Indonesia – Jepang sekaligus tantangan yang dihadapi Indonesia.

Perubahan tren, yang disinggung Rachmat, antara lain kebangkitan Asia dan tumbuhnya kelas menengah, perubahan sifat bersaing global, perubahan iklim, energi terbarukan,  dan revolusi energi.

Penerimaan gelar Doktor HC bagi Rachmat Gobel kemarin dihadiri sejumlah tamu dari Indonesia, termasuk Dubes RI di Jepang Yusron Ihza Mahendra, mantan Menteri perindustrian Fahmi Idris, mantan mnteri Perhubungan Djusman Syafii Djamal, dan sejumlah praktisi bisnis dan pengurus Kadin. 

Rachmat juga dijadwalkan  menyampaikan pidato pada Wisuda Sarjana Universitas Chuo Selasa (25/03/14) di kampus Chuo University, Tokyo. Ia akan membawakan topik "Going Global and Entrepreneurship" dalam kesempatan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Budisusilo
Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper