Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pidato Wisuda Universitas Chuo: Rachmat Gobel Bilang Perusahaan Besar Mulai Dari Langkah Sederhana

Pengusaha Rachmat Gobel menganjurkan profesional maupun pelaku usaha memperkuat orientasi global dan mengembangkan spirit wirausaha dalam menghadapi lingkungan bisnis yang terus berubah.
Arif Budisusilo
Arif Budisusilo - Bisnis.com 25 Maret 2014  |  15:22 WIB
Rachmat Gobel (tengah) beserta istri (duduk) dan kedua anaknya - Bisnis.com
Rachmat Gobel (tengah) beserta istri (duduk) dan kedua anaknya - Bisnis.com

Bisnis.com, TOKYO - Menurut pengusaha Rachmat Gobel, banyak perusahaan raksasa yang berawal dari langkah sederhana.

Honda, misalnya, didirikan oleh teknisi Soichiro Honda, yang memulai produksi motor di sebuah gubuk kayu, kemudian berkembang menjadi perusahaan multinasional dengan aset miliaran dolar, yang membuat salah satu merek mobil terbaik di dunia, katanya membakar motivasi wisudawan Chuo University, Jepang, di Tokyo, Selasa (25/3/14).

Rachmat melanjutkan, Masuru Ibuka dan Akio Morita mengubah bengkel radio menjadi Sony Corporation. Tadao Kashio mengembangkan usaha kecil berjualan gagang rokok, menjadi Casio Inc.

"Dengan kegigihan, pikiran positif dan mata yang sikap tanggap terhadap kesempatan yang selalu berkembang, saya yakin anda dapat menjadi kisah sukses berikutnya," ujarnya di hadapan ribuan wisudawan.

Sehari sebelumnya, Rachmat, yang juga Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang, menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Chuo University, karena dianggap memberi kontriobusi besar bagi hubungan Indonesia-Jepang dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Rachmat menambahkan, untuk berhasil dalam globalisasi, harus cekatan untuk berubah, memahami pasar yang tumbuh kembang, serta dapat mengambil peluang dengan tepat. "Dengan kemampuan beradaptasi dan go global, nilai Anda akan semakin meningkat," katanya menegaskan.

Dengan membuka diri untuk “go global” dan berjiwa wirausaha, katanya, akan dapat memaksimalkan peluang yang ada.

"Sebagai karyawan ataupun sebagai pemilik usaha, semuanya harus go global,” kata Presiden Komisaris Panasonic Gobel Indonesia itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rachmat gobel
Editor : News Editor
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top