Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ADIRA (ADMF) Luncurkan Program Sahabat Pasar Bantu Pedagang

Ribuan pedagang di pasar tradisional mendapatkan bantuan pembinaan dan pelatihan pengelolaan keuangan, serta peningkatan usaha, melalui program Sahabat Pasar Adira Finance, yang diluncurkan oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, bekerja sama dengan Kementerian Perdangangan.
 Aktivitas di pasar tradisional
Aktivitas di pasar tradisional

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan pedagang di pasar tradisional mendapatkan bantuan pembinaan dan pelatihan pengelolaan keuangan, serta peningkatan usaha, melalui program Sahabat Pasar Adira Finance, yang diluncurkan oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, bekerja sama dengan Kementerian Perdangangan.

"Program ini tujuannya membantu meningkatkan kesejahteraan para pedagang pasar tradisional, berupa pembinaan dan pelatihan pengelolaan keuangan, dan peningkatkan usaha para pedagang pasar tradisional," kata Willy Suwandi Dharma, Direktur Utama Adira Finance, Jumat (15/8/2014).

Dia menuturkan kegiatan itu merupakan sebuah program creating shared value (CSV) . Projek percontohannya ada di 10 pasar tradisional (pasar rakyat).

Kesepuluh pasar tradisional di wilayah Jabodetabek yang menjadi projek percontohan tersebut, adalah Pasar Cibubur dengan 500 pedagang, Pasar Ciracas (468 pedagang).

Selain itu, Pasar Cijantung (517 pedagang), Pasar Citeureup (1.354 pedagang), Pasar Agung Depok (678 pedagang), Pasar Kranggan Mas (800 pedagang), Pasar Minggu (1.200 pedagang), dan Pasar Cileungsi (1.500 pedagang), serta dua pasar tradisional Pondok Gede, dan Pasar Jambu Dua Bogor.

Willy menjelaskan program ini bertujuan untuk memberikan dan menciptakan nilai tambah antara perusahaan dan komunitas, dalam mengembangkan kesejahteraan sosial melalui pembinaan dan pendampingan kepada para pedagang pasar.

"Diharapkan program ini dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kemampuan para pedagang pasar dalam mengelola usahanya," ungkapnya.

Peluncuran program ini berlangsung di Pasar Citeureup, Bogor, dan dihadiri oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Srie Agustina, dan perwakilan pedagang dari 10 pasar tradisional di wilayah Jabodetabek yang menjadi projek percontohan.

Pada program ini, lanjutnya, Adira Finance akan mencari para pedagang pasar tradisional yang berpotensi untuk menjadi kader pasar. "Nantinya para kader itu yang akan diberikan pembinaan dan pelatihan. Mereka yang akan menjadi pendorong bagi para pedagang lainnya, untuk bersama-sama meningkatkan usahanya," tambah Willy.

Beberapa pelatihan yang akan dilaksanakan adalah peningkatan produktivitas, pengelolaan keuangan, pembukuan sederhana, peluang bisnis, permodalan usaha, penataan produk usaha, mentalitas kader pasar, dan motivasi kader pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper