Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANGGARAN RISET: Jokowi Upayakan Meningkat 2 Kali Lipat

Presiden terpilih Joko Widodo mengusahakan anggaran penelitian bisa ditingkatkan hingga dua kali lipat dari Rp10,4 triliun menjadi Rp20,8 triliun untuk menunjang kemajuan bangsa.
Anggaran riset/Ilustrasi
Anggaran riset/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden terpilih Joko Widodo mengusahakan anggaran penelitian bisa ditingkatkan hingga dua kali lipat dari Rp10,4 triliun menjadi Rp20,8 triliun untuk menunjang kemajuan bangsa.

Anggaran ideal untuk penelitian di Indonesia mencapai Rp80 triliun atau 1%dari Produk Domestik Bruto (PDB). Tetapi pada kenyataannya masih jauh dari harapan karena baru tersedia Rp10,4 triliun. Untuk itu,  menurutnya, akan diupayakan meningkat dua kali lipat menjadi Rp20,8 triliun.

"Saya tidak janji tapi kalau dilipatkan saya akan usahakan, Insya Allah," katanya dalam Kuliah Umum dab Seminar di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Menurut Jokowi, kehadiran negara dengan menyediakan anggaran yang cukup akan menggerakkan penelitian untuk berprestasi. Negara maju tidak akan lepas dari keberadaan riset yang menghasilkan inovasi untuk kemajuan bangsa.

 "Apapun butuh anggaran dan tidak ada negara manapun yang sangat maju tanpa sebuah lembaga penelitian yang baik. Lembaga penelitian mengenai bidang teknologi, nuklir, pangan, energi, otomotif, semuanya bermula dari riset yang baik," katanya.

 Inovasi riset sebenarnya sudah dimulai oleh para ahli tetapi sayangnya hanya untuk keperluan setiap kementerian masing-masing, bukan untuk kepentingan makro rakyatnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper