Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanam Rp2,1 Miliar, Petrogres Cetak 93 Tenaga Terampil

PT Petrokimia Gresik (Petrogres) telah mencetak 93 tenaga terampil dengan menganggarkan dana sekitar Rp2,1 miliar tahun ini.

Bisnis.com, SURABAYA – PT Petrokimia Gresik (Petrogres) telah mencetak  93 tenaga terampil dengan menganggarkan dana sekitar Rp2,1 miliar tahun ini.

Para tenaga terampil tersebut telah lulus mengikuti program Loka Latihan Keterampilan (Lolapil) di Gresik Jawa Timur. Lolapil sendiri merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang menyasar tenaga muda potensial di sekitar perusahaan.

Direktur  SDM dan Umum Petrogres Irwansyah mengatakan program tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap program pemerintah yang sedang menggalakkan pendidikan dan pelatihan industri berbasis kompetensi.

“Tenaga muda potensial ini kami latih menjadi tenaga terampil di bidang keahlian tertentu,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (10/4/2015).

Dia memaparkan belakangan ini tenaga kerja ahli dan profesional sangat dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan sektor industri. Berbagai program pengembangan sumber daya manusia (SDM) berbasis industri pun turut digalakkan.

“Hal ini mengingat berbagai skema pasar bebas yang menjadikan arus tenaga kerja bisa keluar-masuk ke suatu negara nyaris tanpa hambatan,” katanya.

Adapun sebanyak 93 wisudawan Lolapil tersebut telah mengikuti rangkaian program selama 6 bulan, terhitung sejak Oktober 2014- Maret 2015. Selama pendidikan, siswa Lolapil tidak hanya diberikan keahlian ataupun keterampilan tertentu (hard-competency), tapi  juga pembangunan karakter, kedisiplinan, serta mental (soft-competency) dan fisik.

Selama mengikuti pendidikan seluruh siswa mengalami peningkatan soft-competency dengan menunjukkan perubahan sikap/perilaku, peningkatan disiplin, serta mental dan fisik yang tangguh.

Hasil penilaian On Job Training (OJT) juga menunjukkan peningkatan hard-competency dengan kemampuan melaksanakan SOP operator di berbagai pabrik milik Petrogres.

Diketahui, Lolapil merupakan program pemberdayaan yang telah lama diselenggarakan oleh Petrogres yang mencapai 30 tahun. Selama itu, Petrogres  telah meluluskan sebanyak 964 tenaga terampil di berbagai bidang keahlian, seperti ahli las, bubut, analis kimia, listrik, instrumen, mekanik, alat berat, dan otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper