Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Kiat Sukses Supaya Terampil Berbicara Di Depan Publik

Kemampuan berbicara di depan public atau yang lazim disebut dengan public speaking telah menjadi kebutuhan sehari-hari.
Ilustrasi/Noonlife
Ilustrasi/Noonlife

Bisnis.com, JAKARTA – Kemampuan berbicara di depan publik (public speaking) telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Beragam aktivitas seperti presentasi materi kuliah, hingga memimpin rapat dalam pekerjaan membutuhkan kemampuan public speaking yang baik.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Oleh karena itu, penyiar sekaligus pembawa acara Hilbram Dunar memberikan lima kiat tampil baik di depan umum, yang terangkum dalam buku teranyarnya berjudul My Public Speaking. Berikut tipsnya:

1.     Perhatikan intonasi

Intonasi adalah tinggi rendahnya nada bicara. Seperti halnya penyanyi, saat menjadi komunikator, kita harus memiliki nada bicara agar tidak terdengar monoton dan membosankan. Tidak perlu segan untuk melatih diri Anda dalam mengeksplor berbagai kemungkinan intonasi yang bisa anda gunakan ketika berbicara.

2.     Artikulasi yang jelas

Artikulasi adalah pelafalan saat berbicara. Agar khalayak nyaman mendengar sekaligus mengerti materi yang anda sampaikan, pastikan diri anda untuk berbicara sejelas mungkin. Caranya adalah jangan berbicara terlalu cepat, juga jangan malas untuk membuka mulut agar perkataan anda tidak terdengar seperti gumaman.

3.     Berikan Aksentuasi

Aksentuasi adalah penekanan dalam beberapa kata yang dianggap penting. Tujuannya agar pendengar memperhatikan beberapa kata tertentu. Prinsip melakukan aksentuasi pada dasarnya sama seperti ketika anda memberikan tanda tebal (bold), miring atau garis bawah dalam sebuah tulisan.

4.     Jaga Pace

 Pace adalah kecepatan berbicara sesuai ketukan. Berbicaralah sesuai dengan kecepatan yang nyaman didengar oleh hadirin, kurang lebih sesuai dengan ketukan yang teratur. Anda bisa melatih keccepatan berbicara sambil mendengarkan lagu dengan tempo sedang dalam ketukan 4/4.

5.     Gunakan Diafragma

Diafragma adalah otot di atas perut di bawah dada yang berfungsi untuk membantu pernapasan sehingga suara anda terdengar bertenaga dan jelas. Dengan menggunakan napas diafragma, suara anda akan terdengar bulat dan tebal, sehingga terkesan lebih meyakinkan dan nyaman didengar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper