Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sido Muncul Sulap Limbah Jadi Pupuk Bio Organik

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. memanfaatkan limbah jamu menjadi pupuk bio organik hingga mencapai puluhan ton per hari.
Ilustrasi/sidomuncul.com
Ilustrasi/sidomuncul.com

Bisnis.com,SEMARANG—PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. memanfaatkan limbah jamu menjadi pupuk bio organik hingga mencapai puluhan ton per hari.

General Manager PT Sido Muncul Pupuk Nusantara (SMPN) Dian Risdianto mengatakan pupuk bio organik yang diproduksi perseroan mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia sampai 100% dan meningkatkan hasil panen minimal 20%.

“Petani kita masih sulit meninggalkan pupuk kimia. Pada pendampingan awal, petani menggunakan keduanya. Masa tanam pertama 50:50. Masa tanam kedua 75:25 dan masa tanam ketiga separoh dari 25. Jadi penggunaan pupuk kimia tinggal 12,5," papar Dian dalam keterangan resmi, Kamis (9/7/2015).

Dia berpendapat manfaat lain dari pupuk bio organik mampu mengembalikan unsur hara tanah yang rusak akibat penggunaan pupuk kimia mencapai 90%.

Lewat riset selama empat tahun dan seleksi ketat, imbuhnya, pupuk bio organik sudah menembus pasar Amerika.

Informasi yang diberikan Dian menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Apalagi selama ini Ganjar concern dengan pertanian organik. Namun, untuk menggeser pola pertanian anorganik ke pertanian organik diakui Ganjar bukan hal yang mudah.

"Saya sudah minta kepada daerah-daerah yang mau bertani organik kita kasih insentif. Tapi ini kan mengubah perilaku bertani. Orang yang menggunakan anorganik itu minded banget. Ketika dia harus geser ke organik itu susahnya minta ampun," tutur Ganjar.

Hasil pertanian organik yang ditunjukkan kepadanya ingin ditindaklanjuti dengan melakukan uji coba melalui demplot-demplot di sejumlah daerah.

Apabila hasilnya baik, perilaku bertani anorganik lambat laun akan digeser. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper