Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Melirik Peluang Kemitraan Bakso Malang Cak Eko

Salah satu kota di Indonesia yang memiliki ikon bakso khas adalah Malang. Sekarang bakso Malang pun sudah ditawarkan dengan bentuk kemitraan, salah satunya Bakso Malang Cak Eko.
Pihak manajemen pusat dan mitra tiap awal bulan secara bersama-sama melakukan penghitungan omzet penjualan bulan sebelumnya, sebagai bentuk evaluasi. /Bisnis.com
Pihak manajemen pusat dan mitra tiap awal bulan secara bersama-sama melakukan penghitungan omzet penjualan bulan sebelumnya, sebagai bentuk evaluasi. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu kota di Indonesia yang memiliki ikon bakso khas adalah Malang. Sekarang bakso Malang pun sudah ditawarkan dengan bentuk kemitraan, salah satunya Bakso Malang Cak Eko.

Bakso Malang ini sudah diwaralabakan sejak September 2006. Saat ini cabangnya sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Ada tiga macam paket investasi yang ditawarkan Bakso Malang Cak Eko, yakni paket foodcourt dengan nilai investasi Rp60 juta, paket miniresto senilai Rp150 juta, dan paket resto seharga Rp200 juta.

Harga investasi tersebut di luar biaya pengiriman outlet, etalase, peralatan, dan akomodasi tenaga kerja interior di luar Jawa, yang seluruhnya harus ditanggung oleh mitra.

Masa kontrak tiap paket berlaku 5 tahun dengan biaya royalti 3,5% dari omzet per bulan. Selama terikat kontrak, mitra berhak menggunakan merek dagang, sistem operasional, sistem pelaporan dan administrasi, serta sistem SDM dan marketing Bakso Malang Cak Eko.

Di sisi lain, mitra juga diwajibkan mengirimkan karyawannya untuk mengikuti pelatihan, serta bumbu bakso harus dipasok dari manajemen pusat demi menjaga kualitas yang sama di setiap cabang.

Selain paket yang ditawarkan di atas, mitra juga bisa mengajukan paket di luar harga standar yang besarnya disesuaikan dengan luas ruangan.

Adapun, persyaratan untuk menjadi mitra Bakso Malang Cak Eko adalah harus memiliki beberapa alternatif tempat untuk disurvei. Biaya survei dipatok sebesar Rp500.000 untuk wilayah Jabodetabek, di Pulau Jawa sebesar Rp1,5 juta, dan di luar Pulau Jawa sebesar Rp3 juta yang disesuaikan dengan kondisi tiket penerbangan.

Setelah itu, mitra juga harus membayar 75% dari total investasi pada saat tanda tangan kontrak, dan sisanya sebesar 25% dibayar saat serah terima barang dan perlengkapan.

Sementara itu, perhitungan balik modal diperkirakan akan didapatkan dalam periode 9 bulan hingga 16 bulan, dengan estimasi perolehan omzet Rp27 juta hingga Rp42 juta tergantung dari jenis paket investasi yang dipilih.

Untuk memastikan operasional cabang berjalan lancar, tim manajemen pusat akan melakukan kontrol secara berkala di lokasi mitra untuk melihat standar pelayanan, kualitas bahan dan rasa.

Pihak manajemen pusat dan mitra tiap awal bulan secara bersama-sama melakukan penghitungan omzet penjualan bulan sebelumnya, sebagai bentuk evaluasi.

Di sisi lain, mitra dilarang menggunakan bahan baku atau bahan jadi di luar produksi manajemen Bakso Malang Cak Eko, jika ditemukan penyimpangan atau pelanggaran dari mitra, maka secara otomatis kontrak kerja sama berakhir, dan mitra tidak berhak menggunakan atribut Bakso Malang Cak Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper