Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Christy Walton, Perempuan Paling Kaya di Jagad

Tidak banyak perempuan yang masuk daftar 10 orang terkaya di dunia. Dua perempuan yang beruntung itu adalah Liliane Bettencourt pemilik perusahaan kosmetik L'Oreal dan Christy Walton, pemilik perusahaan retail raksasa, Wal-Mart.
Christy Walton
Christy Walton

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak banyak perempuan yang masuk daftar 10 orang terkaya di dunia. Dua perempuan yang beruntung itu adalah Liliane Bettencourt pemilik perusahaan kosmetik L'Oreal dan Christy Walton, pemilik perusahaan retail raksasa, Wal-Mart.

Dari kedua sosok itu, nama terakhir menempati peringkat yang lebih baik yakni posisi ke delapan, sedangkan Bettencourt menjadi juru kunci dari daftar 10 orang terkaya di dunia tersebut.

Menurut media Succes Story, selain memiliki saham di Wal-Mart sebesar 50,8%,  Walton juga memegang saham mayoritas yakni sebesar 96% di Arvest Bank serta 30% di First Solar, sebuah perusahaan energi matahari.

Sementara itu, menurut Bloomberg, pada Oktober 2015, Walton memiliki kekayaan bersih US$31,8 miliar.  Dia pun didaulat menjadi perempuan terkaya saat ini.

“Hal ini jumlah yang luar biasa. Dia merupakan bagian dari dinasti keluarga,” ujar Kristi Hanson, Managing Director CTC myCFO LLC yang berbasis di Chicago.

Wal-Mart merupakan perusahaan pengecer terbesar di dunia dengan jumlah karyawan sebanyak dua juta orang dengan jaringan 7.300 toko, serta melayani 200 juta pelanggan. Setiap tahun,  Walton mendapatkan ratusan juta dolar AS hanya dari dividen Walmart.

Perusahaan ritel raksasa ini didirikan oleh Sam Walton, mertua Christy, pada 29 Maret 1918. Perusahaan yang berpusat di Bentonville, Arkansas, AS ini bergerak di sektor industri ritel, toko diskon, supermarket atau toko berskala kecil. Data pendapatan terkini US$404,16 miliar.

Sementara itu, pendapatan bersihnya mencapai jumlah fantastis US$13,59 miliar. Tak heran, perusahaan ini mempekerjakan 2,1 juta orang karyawan.

Toko-toko ritel dan diskon muncul pertama kali di AS pada awal dekade 1950-an. Konsep toko ritel mengalami kenaikan pamor di AS. Sam Walton yang yakin konsumen AS menginginkan sesuatu yang lebih dari toko ritel dan memutuskan membuka toko ritel dan diskon di Rogers, Arkansas.

Walton telah menjelajahi seluruh bagian Amerika Serikat dan mendapatkan banyak pengalaman yang relevan dengan toko-toko diskon.

Berbicara tentang Christy Walton, mungkin sebagian orang akan memandang sebelah mata dan mengatakan bahwa segala kekayaan itu merupakan warisan dari mendiang suaminya, John T. Walton yang tewas dalam sebuah kecelakaan penerbangan 2005.

Namun, perempuan ini memiliki reputasi sebagai dermawan yang aktif melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan. Lahir dengan nama Christy Ruth Tallant pada 9 Juni 1955 di Jackson, Wyoming, AS. Tidak banyak informasi yang bisa digali dari masa kecil dan latar belakang pendidikannya.

Hanya saja, ada catatan dia pernah ditangkap polisi di daerah Palm Springs karena diduga terlibat aksi pencurian dan penggunaan obat-obatan secara ilegal, meski pada akhirnya dinyatakan tidak bersalah oleh pengadilan.

Filantropis

Ibu dari Lukas Walton ini kerap mengasosiasikan dirinya sebagai pengusaha properti dan filantropis. Ungkapan itu ada benarnya juga karena majalah Conde Nast Portfolio menempatkan namanya sebagai perempuan dermawan nomor wahid.

Peringkat ini didasarkan pada jumlah uang yang digunakan untuk tujuan filantropi.  Pada 2002 dan 2006 saja, dia tercatat menyumbangkan sekitar US$16,3 miliar dari total kekayaan bersih yang dimilikinya dalam kegiatan filantropi.

Selain itu, Christy juga mendukung kegiatan amal dari yayasan milik keluarganya, Walton Family Support, yang mengutamakan pendidikan dan bekerja sama dengan Universitas Arkansas, College of Business Administration dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Pada 2007, yayasan keluarga tersebut menyumbangkan sebanyak US$1,6 miliar untuk memberikan bea siswa bagi para mahasiswa. Selain yayasan amal, Walton Family Support Christy Walton juga aktif di berbagai organisasi filantropi lainnya, seperti The Filantropi Roundtable. Dia juga menjabat sebagai anggota dewan Museum Sejarah Alam San Diego.

Perempuan terkaya di dunia juga rutin memberikan donasi kepada Zoological Society San Diego dan Museum Internasional Mingei. Salah satu sumbangan yang paling penting yang dibuat oleh Christy Walton adalah menyumbangkan rumah tua bergaya Victoria miliknya pada 2006 ke Yayasan Komunitas Internasional untuk Cross-Border Filantropi dan sejauh ini sudah dimasukkan ke dalam lebih dari senilai US$ 4 juta.

Perempuan ini, beserta keluarga Walton pun turut terlibat dalam dunia politik dengan mendukung para politikus baik dalam kampanye pemilihan anggota kongres maupun gubernur. Mereka dikenal sebagai pendukung setia Partai Republik.

Data Christy Walton

Total Kekayaan: US$41,7 miliar
Umur: 60 Tahun
Sumber kekayaan utama: Wal-Mart
Industri : Retail
Warga Negara : Amerika Serikat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper