5 Keuntungan Riset Pasar Bagi UMKM

Riset pasar bagi pelaku usaha memang bisa diibaratkan peta dan rambu lalu lintas bagi pengemudi kendaraan. Dengan melakukan riset pasar sebelum benar-benar menjalankan bisnis, bisa memberikan banyak gambaran terkait respons masyarakat terhadap sebuah produk atau jasa yang akan ditawarkan.
Nenden Sekar Arum | 09 November 2015 13:50 WIB
Seorang pekerja menyelesaikan proses pembuat kipas tangan di Kuwel, Keprabon, Klaten, Jawa Tengah - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Riset pasar bagi pelaku usaha memang bisa diibaratkan peta dan rambu lalu lintas bagi pengemudi kendaraan. Dengan melakukan riset pasar sebelum benar-benar menjalankan bisnis, bisa memberikan banyak gambaran terkait respons masyarakat terhadap sebuah produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Dengan adanya gambaran tersebut, pelaku usaha bisa mengambil langkah terkait apa yang harus dilakukan selanjutnya, misalnya langsung mengeksekusi model bisnis yang sudah dirancang, atau memodifikasi dan menyelaraskan sesuai dengan tanggapan pasar.

Meskipun riset pasar tersebut sangat penting bagi kelangsungan bisnis, nyatanya masih banyak pelaku usaha khususnya pelaku usaha skala mikro, kecil dan menengah yang kerap melewatkan atau tidak mampu melakukan langkah tersebut.

Nina Tursinah, Ketua Bidang UKM Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan masih terbatasnya akses pelaku UMKM terhadap pelatihan dan pembekalan terkait riset pasar.

“Bagaimana UKM bisa menjual produk bila tidak mengetahui pasarnya. Ini yang selama ini menjadi faktor kegagalan mereka. Akhirnya, hanya bisa buka dan tidak lama sudah tutup karena merugi,” paparnya.

Padahal, menurutnya setidaknya ada lima manfaat yang akan didapatkan pelaku usaha jika melakukan riset pasar sebelum menjalankan usahanya.

Mengambil peluang

Salah satu manfaat terbesar dari melakukan riset pasar adalah dapat membuat pelaku usaha untuk mengetahui berbagai peluang pasar yang sedang berkembang, dan memungkinkan meraka untuk memasuki pasar tersebut secara efektif.

“Sebagai contoh, dari hasil riset akan membantu pelaku usaha menemukan apakah produk yang dihasilkan telah cocok dengan audiens yang ditargetkan atau tidak. Jika hasilnya negatif, maka pelaku usaha bisa mencoba untuk mengidentifikasi dan mengarahkan produk ke target konsumen lain yang lebih cocok,” imbuhnya.

Menciptakan komunikasi

Riset pasar juga membantu pelaku usaha untuk mengetahui bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi dengan konsumen. Dari hasil riset yang mencantumkan data diri dan kebiasaan pelanggan, pelaku usaha akan lebih mudah untuk mengetahui sifat konsumen dan lebih mudah terhubung dengan mereka.

Meminimalisasi risiko

Dengan adanya hasil riset pasar, tentunya akan membantu menekan risiko kegagalan usaha dengan melihat kecenderungan serta membantu untuk mengambil tindakan.

Melihat tren pasar

Seperti diketahui, kondisi pasar sangat dinamis dan berubah terus menerus. Dalam skenerio tersebut, riset pasar yang menyeluruh dapat membantu pelaku usaha melihat tren apa yang sedang berlangsung. Hal ini dapat membantu mereka dalam merumuskan rencana ke depan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Menemukan potensi masalah

Riset pasar yang bisa menunjukkan aspirasi konsumen, bisa memperlihatkan bagaimana pasar menentukan pilihan dan preferensi, serta bereaksi terhadap sebuah produk atau jasa.

“Dari sana bisa dilihat hal-hal apa saja yang tidak disukai konsumen dan kemungkinan munculnya masalah pada produk, sehingga bisa diantisipasi lebih cepat oleh pelaku usaha,” katanya.

Tag : tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top